Klaim Capres Prabowo Sebagai Inisiator UU Desa Adalah Pembohongan Publik

1255

Lebih jauh dikatakan mantan tim ahli RUU Desa itu, UU Desa tidak lahir karena inisiasi satu atau gerombolan orang, bukan pula karena sepotong kalimat lantang di panggung politik.

Para pegiat pembaharuan desa yang terlibat langsung dalam pembahasan UU Desa, menjadi terusik dan saling cek maupun memeriksa kembali dokumen risalah sidang pembahasan RUU Desa di rapat-rapat Pansus RUU Desa dan sidang Paripurna DPR RI tanggal 18 Desember 2013.

Berpijak pada hasil penelusuran dan pemeriksaan dokumen-dokumen penting di seputar sejarah pembahasan RUU Desa tersebut, para pegiat desa terpanggil dan berkewajiban secara moral untuk menanggapi pernyataan tersebut. Penting menjelaskan dan menginformasikan mengenai sejarah UU Desa kepada publik, agar kerja-kerja kolektif dalam menginisiasi dan membahas RUU Desa ini tidak dinarasikan ke dalam klaim gagasan dan kerja individual atau kelompok tertentu..

Arie Sudjito mengatakan kampanye mestinya memiliki dimensi etis. Namun kini masyarakat semakin kritis, sehingga biarlah sejarah yang bicara. Klaim tak akan bermakna jika tak ada fakta.

Menurut Arie, UU Desa lahir dari berbagai spektrum aspirasi dari perangkat desa, aktivis, akademisi, dan politisi di parlemen. Apa yang dilakukan oleh sejumlah pegiat desa dengan konperensi pers ini merupakan upaya pendidikan politik.

Meskipun ini minggu tenang, namun kegiatan ini lebih merupakan pencerahan untuk publik terkait isu desa. Silakan menggunakan isu desa yang kian seksi. Tapi jangan lupa berdasar sejarah dan fakta.

Kesaksian Yusuf Martiono bahwa ADD telah ada pada 2005 di Kabupaten Kebumen. Proses di tingkat lokal itu merupakan best practise dan layak dibawa ke tingkat nasional.