Kolaborasi Pastikan Industri Logistik Jadi Pilar e-Commerce

49

JAKARTA-Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres Indonesia (Asperindo) M. Feriadi mengungkapkan arti penting kolaborasi antar perusahaan jasa logistik guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Apalagi dengan era perekonomian digital, menurutnya jasa pos dan logistik akan menjadi pilar utama e-commerce yang mampu meningkatkan kontribusi sektor digital dalam perekonomian nasional.

“Sekarang sudah bukannya era kompetisi, namun era kolaborasi. Saya harap nanti perusahaan bisa saling berkolaborasi dan bisa membangun sinergi yang baik satu sama lain,” kata Ketua Asperindo M. Feriadi dalam Seminar Nasional Kontribusi Industri Logistik untuk Ekonomi Digital di Hotel Borobudur Jakarta, Senin (14/5).

Hal senada disampaikan Ketua Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) Yukki Nugrahawan.

Menurutnya kolaborasi menjadi kata kunci. “Pertumbuhan angka ekspor yang lebih kecil daripada impor yang bisa menyebabkan negara besar lain masuk mencari pasar di Indonesia. Kita harus bersama-sama berkolaborasi, karena ditakutkan ada negara besar yang menawarkan platform dan berhasil,” tambahnya.

Dimoderatori oleh Direktur Pos Ditjen PPI Ikhsan Baidirus, seminar menjadi ajang bertukar pikiran antara regulator hingga pelaku bisnis. Ketiga pilar e-commerce yaitu marketplace, pos dan logistik hingga sistem pembayarannya dikupas mendalam melalui pemberi materi yang terwakilkan seperti Deputi Komisioner Pengawas Perbankan l, Otoritas Jasa Keuangan Budi Armanto, Senior Business Development Logistic Tokopedia Stephanie Octavia, Ketua Asperindo M. Feriadi, Direktur Utama PT. Pos Indonesia Gilarsi Wahyu Setijono, dan Ketua Umum Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) Yukki Nugrahawan Hanafi.