Kominfo Percepat Penyederhanaan Ijin

Saturday 28 Apr 2018, 2 : 32 am
by

JAKARTA-Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melibatkan pemangku kepentingan dalam menyederhanakan perijinan sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo mengenai Kebijakan Percepatan Pelaksanaan Berusaha yang telah diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 91 Tahun 2017.

Komitemen itu disampaikan oleh Sekretaris Jenderal Farida Dwi Cahyarini pada Rapat Konsultasi Publik Percepatan Perijinan di Kementerian Kominfo Jakarta, Jumat (27/04).

“Perijinan yang ada di Kementerian Kominfo akan dipersingkat sesuai dengan arahan Presiden. Dimana akan dilakukan reformasi ketentuan proses bisnis perijinan dan layanan yang akan dituangkan dalam satu Peraturan Menteri (PM) Kominfo,” jelasnya.

Pelaksanaan penyederhanaan perijinan dan layanan di lingkungan Kementerian Kominfo mencakup upaya mempercepat penyederhanaan persyaratan, proses bisnis dan lamanya proses. “Termasuk dalam reformasi ini adalah penyederhanaan peraturan mengikuti proses bisnis yang baru,” jelasnya.

Sebelum dilakukan reformasi dan penyederhanaan, perijinan di Kementerian Kominfo terbagi dalam bidang yaitu Sumber Daya Pos dan Perangkat Informatika yang meliputi 14 Peraturan Menteri Kominfo, 5 jenis ijin serta 2 layanan sertifikasi; Penyelenggaraan Pos dan Informatika yang dilandasi Peraturan Menteri Kominfo dan 30 jenis ijin; serta Aplikasi Informatika yang memiliki 4 Peraturan Menteri Kominfo, 2 jenis pendaftaran.

“Nantinya semua perijinan dan layanan akan dituangkan dalam 1 (satu) Peraturan Menteri Kominfo dan disederhanakan menjadi 4 jenis ijin yaitu Ijin Jaringan, Jasa, Pos dan Frekuensi Radio,” jelasnya.
Penyederhanaan perijinan bidang komunikasi dan informatika, selain hanya terdiri dari 4 ijin yaitu: Ijin Jaringan, Ijin Jasa, Ijin Pos, dan Ijin Frekuensi Radio.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) bersama dengan induk usahanya, PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF) merupakan produsen makanan dalam kemasan yang terbesar di Indonesia

Fitch: INDF, ICBP dan MYOR Solid Hadapi Pandemi, Karena Ditopang Kekuatan Merek

JAKARTA-PT Fitch Ratings Indonesia menilai, kekuatan merek dagang dan profil

Melantai Perdana di BEI, Harga MTEL Malah Terperosok ke Zona Merah

JAKARTA-Saat memulai transaksi perdana pada pembukaan perdagangan di Bursa Efek