Konferensi Perdamaian: Vatikan Dukung Alumni Cipayung

Tuesday 11 Jun 2019, 8 : 52 pm
by
Sekretaris Dewan Kepausan Untuk Dialog Antar Umat Beragama, Markus Solo Kewuta SVD, Ketua Pelaksana Gerakan Ekayastra Unmada (Semangat Satu Bangsa) AM Putut Prabantoro, Ketua Forum Komunikasi Alumni Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (FORKOMA PMKRI) saat membahas Konferensi Internasional Perdamaian di Vatikan pekan lalu (3/6/2019).

JAKARTA-Dewan Kepausan Untuk Dialog Antaragama mendukung rencana Konferensi Internasional Perdamaian yang akan dilaksanakan oleh Alumni Cipayung. Konferensi itu rencananya diadakan di Roma Italia, Kairo Mesir dan Jakarta.

Rencana Konferensi Internasional Perdamaian itu, menurut Dewan Kepausan Untuk Dialog Antaragama, sesuai dengan semangat Deklarasi Abu Dhabi yang ditandatangani antara Pimpinan Tertinggi Gereja Katolik Paus Fransiskus dan Imam Besar Al Azhar Ahmad Al Thayyeb pada Februari 2019 di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

Dukungan itu ditegaskan oleh Sekretaris Dewan Kepausan Untuk Dialog Antar Umat Beragama, Markus Solo Kewuta SVD saat menerima kunjungan Ketua Forum Komunikasi Alumni PMKRI, Hermawi Franziskus Taslim, yang didampingi Ketua Gerakan Ekayastra Unmada (Semangat Satu Bangsa) AM Putut Prabantoro, di Vatikan, Senin (3/6/2019).

Deklarasi Abu Dhabi tentang Perdamaian itu berjudul “Documento Sulla – FRATELLANZA UMANA Per Pace Mondiale E La Convivenza Comune” atau “Sebuah Dokumen tentang– Persaudaraan Umat Manusia Untuk Perdamaian dan Hidup Bersama”. Dokumen yang bersejarah ini diterjemahkan dalam 7 (tujuh) bahasa termasuk Inggris, Arab, Jerman dan Italia.

Menurut Markus Solo Kewuta SVD, Deklarasi Abu Dhabi merupakan sebuah dokumen yang memiliki makna propetis atau kenabian. Artinya, deklarasi ini memuat hal-hal yang merupakan batu sandungan di dalam perjalananan umat manusia menuju masyarakat yang damai, adil dan makmur secara kasat mata.

Batu sandungan itu dimuat secara sangat jelas atau nyata meskipun terasa sangat menyakitkan tetapi sekaligus ingin mengingatkan kepada umat manusia justru itulah masalah-masalah yang harus ditelusuri bersama secara jujur dan kita cari makna dan solusinya secara bersama-sama pula.

“Jadi ini merupakan dokumen dengan makna prophetis,” ujar Sekretaris Dewan Kepausan itu.

Sebelumnya, Hermawi Franziskus Taslim, sebagai Ketua Forum Komunikasi Alumni Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (FORKOMA PMKRI) menyampaikan keinginan Forum Alumni Cipayung untuk menyelenggarakan Konferensi Internasional Perdamaian sebagai tindak lanjut dari Deklarasi Abu Dhabi. Selain FORKOMA, Forum Alumni Cipayung terdiri dari Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI), Persatuan Alumni Gerakan Mahasiswa Nasionalis Indonesia (PA GMNI), Ikatan Alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (IKA-PMII), dan Pengurus Nasional Persatuan Senior Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (PN PS-GMKI).

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Munas ALim Ulama

Puan Harap Munas Alim Ulama dan Konbes NU Hasilkan Panduan Berguna Bagi Nahdliyin

JAKARTA-Ketua DPR RI Puan Maharani berharap Musyawarah Nasional (Munas) Alim

PT Orbit Nasional Edukasi  Gandeng Oracle Academy Latih 1.000 Pendidik Dari 150 Institusi

JAKARTA-PT Orbit Nasional Edukasi (ONE Indonesia), salah satu jaringan pendidikan