Konferensi Perdamaian: Vatikan Dukung Alumni Cipayung

Tuesday 11 Jun 2019, 8 : 52 pm
by
Sekretaris Dewan Kepausan Untuk Dialog Antar Umat Beragama, Markus Solo Kewuta SVD, Ketua Pelaksana Gerakan Ekayastra Unmada (Semangat Satu Bangsa) AM Putut Prabantoro, Ketua Forum Komunikasi Alumni Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (FORKOMA PMKRI) saat membahas Konferensi Internasional Perdamaian di Vatikan pekan lalu (3/6/2019).

Menurut Taslim, konferensi tersebut akan berlangsung dalam 3 (tiga) seri yang masing-masing diadakan di Vatikan, di Kairo (Mesir) dan Jakarta (Indonesia).

Mengingat Indonesia merupakan negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, Taslim menjelaskan konferensi perdamaian di Vatikan dapat dibuka oleh Paus Fransiskus, sementara di Kairo Presiden Mesir Abdul Fattah as-Sisi diharapkan dapat membuka secara resmi dan di Jakarta, Presiden Joko Widodo berkenan secara resmi membuka hajatan besar itu.

“Terkait dengan rencana besar konferensi perdamaian ini, pengurus lengkap Forum Alumni Cipayung akan beraudiensi dengan Presiden Joko Widodo untuk mendapatkan masukan dan sekaligus dukungan terkait dengan rencana ini. Dalam konteks perdamaian ini, konferensi Forum Alumni Cipayung ini diharapkan akan memberi dampak yang positif bagi perdamaian dunia sebagaimana diharapkan Deklarasi Abu Dhabi,” ujar Hermawi Taslim.

Konferensi perdamaian Forum Alumni Cipayung ini, masih menurut Taslim, merupakan agenda dan sekaligus momentum strategis untuk Indonesia dan sekaligus menegaskan posisi sentralnya dalam mewujudkan perdamaian global.

“Jika ada observer dari dunia internasional yang ingin menghadiri konferensi perdamaian Alumni Cipayung, kami sangat terbuka. Hanya saja mekanisme sedang digodok bersama agar tujuan konferensi perdamaian Alumni Cipayung ini sesuai dengan misinya. Konferensi ini juga merupakan cara Indonesia mewujudkan perdamaian dunia sebagaimana yang termuat dalam Pembukaan UUD 1945,” tegasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Sudah Turunkan Produksi Rokok 2,8%, Pemerintah Pertahankan Tarif Cukai Hasil Tembakau

JAKARTA-Pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memutuskan mempertahankan tarif cukai Hasil

Obligasi Garuda Diterbitkan Senilai Rp2 Triliun

JAKARTA-BUMN penerbangan, PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) menerbitkan obligasi senilai