Konservasi Energi Meningkatkan Daya Saing Industri Nasional

Wednesday 5 Aug 2015, 9 : 03 pm
by
Kepala BPPI Kemenperin Haris Munandar

BANDUNG-Industri tekstil dan produk tekstil (TPT) nasional dituntut untuk terus melakukan peningkatan daya saingnya guna menghadapi persaingan pasar global yang semakin ketat. Salah satu upaya memenangkan kompetisi industri TPT nasional, yaitu melalui tindakan konservasi energi. “Konservasi energi sebagaimana tercantum pada Peraturan Pemerintah No. 70 Tahun 2009, adalah tindakan mengurangi jumlah penggunaan energi atau penggunaan energi yang optimal sesuai dengan kebutuhan sehingga akan menurunkan biaya energi yang dikeluarkan,” tegasnya Kepala Badan Penelitian Pengembangan Industri (BPPI), Kemenperin Haris Munandar, dalam acara Seminar Nasional Tekstil dan Business Gathering Tahun 2015 di Bandung, Rabu (5/8).
Dia mengaku telah menetapkan arah kegiatan litbangyasa untuk peningkatan daya saing industri TPT nasional melalui substitusi bahan baku/bahan penolong impor, pemanfaatan energi secara efisien dan diversifikasi energi, serta minimalisasi dan pemanfaatan kembali limbah industri.
Seperti diketahui, industri TPT dalam proses produksinya tergolong salah satu dari 8 industri (Semen, Logam, Pulp dan Kertas, Petrokimia, Pupuk, Keramik, TPT, serta Makanan dan Minuman) yang dikategorikan sebagai industri lahap energi (BBM intensif dan listrik intensif). “Biaya energi dan tenaga kerja di industri TPT mencapai 30 persen dari struktur biaya produksi total sehingga kinerjanya sangat dipengaruhi oleh fluktuasi harga energi,” ujar Haris.
Oleh karena itu, Haris mengatakan, peran Balai Besar Tekstil – Bandung yang berada di bawah naungan BPPI Kemenperin, sangat strategis dalam menjawab peluang dan tantangan dalam peningkatan daya saing industri TPT melalui kegiatan litbangyasa khususnya dalam bidang konservasi energi, serta pelayanan jasa teknis industri berupa bimbingan teknis, konsultansi serta pengujian terhadap mutu produk TPT. “Saya berharap, Balai Besar Tekstil – Bandung dapat memberikan konstribusi yang optimum dalam meningkatkan kualitas produk TPT bagi industri tekstil nasional untuk dapat menjadi pemain utama di dalam negeri dan menjadi pemain penting di kawasan pasar regional ASEAN,” papar Haris.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Pemerintah Harus Waspada Tetapkan Harga BBM April

JAKARTA-Direktur Eksekutif Energy Watch Indonesia (EWI), Ferdinand Hutahaean meminta pemerintah

Sequis Sukses Raih Penghargaan Indonesia Insurance Consumer Choice Award 2018

JAKARTA-Sequis Life sukses meraih penghargaan Indonesia Insurance Consumer Choice Award