Konsumsi Rumah Tangga Terus Menguat

Tuesday 11 Feb 2014, 4 : 33 pm
by

JAKARTA-Penguatan konsumsi rumah tangga diperkirakan masih terus berlanjut pada Januari 2014. Survei Konsumen terbaru yang dirilis Bank Indonesia (BI) menunjukkan peningkatan Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) dari 116,5 pada Desember 2013 menjadi 116,7 pada Januari 2014. Indeks ini menggambarkan persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini dibandingkan 6 bulan sebelumnya dan espektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi 6 bulan mendatang.

Survei yang melibatkan sekitar 4.600 responden diselenggarakan di 18 kota besar di Indonesia ini, menunjukkan bahwa mayoritas responden optimis terhadap kondisi ekonomi 6 bulan mendatang, terutama terkait dengan ekspektasi ketersediaan lapangan pekerjaan dan penghasilan konsumen pada 6 bulan mendatang akan lebih baik.

Selain indikasi penguatan konsumsi rumah tangga, responden juga memperkirakan adanya tekanan kenaikan harga ke depan. Hal ini terindikasi dari Indeks Ekspektasi Harga (IEH) yang lebih tinggi dibandingkan bulan sebelumnya. Dampak kenaikan harga LPG 12 kilogram dan penyelenggaraan Pemilu legislatif pada April 2014 ditenggarai mendorong peningkatan ekspektasi inflasi 3 bulan ke depan. Sementara itu, untuk 6 bulan mendatang (Juli 2014), mayoritas responden juga memperkirakan kenaikan harga seiring dengan tingginya permintaan selama bulan Puasa dan Hari Raya Idul Fitri, serta kekhawatiran responden terhadap kondisi keamanan/sosial politik pasca Pemilu Presiden putaran pertama (9 Juli 2014).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Berdayakan Lahan, Nyoman Parta Dorong Warga Perbanyak Sumber Pangan

GIANYAR-Masa pandemi Covid-19 yang diperkirakan cukup panjang diprediksi bisa menguras

Mendagri Perluas PPKM Mikro ke Lima Provinsi

JAKARTA-Pemerintah kembali memperpanjang masa pemberlakuan Pelaksanaan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM)