KPK: Perlu Menumbuhkan Generasi Antikorupsi Sejak Dini

28
Ketua KPK, Agus Rahardjo/metrotvnews.com

JAKARTA-Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengatakan upaya menumbuhkan generasi antikorupsi harus dilakukan sejak dini. Salah satu langkahnya, dengan menerapkan sistem pendidikan antikorupsi yang berisi tentang sosialisasi bentuk-bentuk korupsi, maupun cara pencegahan terhadap tindak pidana korupsi.

Ketua KPK Agus Rahardjo percaya bahwa menumbuhkan karakter antikorupsi yang berintegritas kepada anak bisa dilakukan dengan cara yang mudah, murah dan menyenangkan. “Misalnya melalui cara membacakan cerita, bermain, serta dengan menikmati musik dan budaya,” ujar Agus disela-sela Festival Anak Jujur 2016 yang digelar di Ecovention, Ancol, Jakarta, Rabu (31/8).

Acara yang dihadiri Staf Ahli Mendikbud Bidang Pembangunan Karakter, Arie Budiman ini bertujuan agar agar karakter antikorupsi tumbuh dan berkembang pada anak sejak dini.

Menurut Agus, untuk menciptakan sebuah tatanan kehidupan yang bersih, diperlukan sebuah sistem pendidikan antikorupsi. Sistem ini  berisi tentang sosialisasi bentuk-bentuk korupsi, maupun cara pencegahan terhadap tindak pidana korupsi. Karenanya, antikorupsi sudah semestinya bukan hanya slogan semata. “Nilai itu harus muncul dari jiwa yang memahami dan mempraktikkan perilaku antikorupsi dan harus dipupuk semenjak dini,” katanya.

Dengan keyakinan itu, Festival Anak Jujur ini pertama kali digelar. Dari kegiatan dua hari ini, akan diikuti oleh tiga ribu anak dari 50 Taman Kanak-Kanak dan 50 Sekolah Dasar (SD) di Jakarta. Ada tiga zona kegiatan yang diselenggarakan, yakni Zona Literasi; Zona Musik dan Budaya; serta Zona Permainan.

Zona Literasi akan menyajikan beberapa kegiatan, antara lain mendongeng, diskusi buku, eksperimen sains, membatik dan menggambar. Kegiatan tersebut dibagi dalam tiga kegiatan utama, yakni Pojok Pojok Cerita, Pojok Gambar dan Pojok Kriya.

Sementara pada Zona Bermain akan menyediakan tiga kegiatan utama, yakni Taman Bermain yang diperuntukkan bagi anak usia 4-6 tahun; Bandar Kumpul, diperuntukkan bagi anak Sekolah Dasar; dan Bale Kreasi yang akan mengajak anak-anak berkreasi membuat aneka mainan dari bahan yang mudah didapat. Sedangkan pada Zona Musik & Budaya akan menampilkan sejumlah pertunjukan seni dan budaya yang sarat akan nilai-nilai integritas.