KPU Didesak Lantik Komisioner KPUD Jayawijaya

56

JAKARTA- Puluhan anggota masyarakat asal Papua yang tergabung dalam Forum Peduli Demokrasi Kabupaten Jayawijaya (FPDKJ) melakukan aksi unjukrasa di depan gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU), Kamis (14/3/2019).

Unjukrasa mereka lakukan dalam rangka mendesak para pimpinan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI agar secepatnya melantik lima komisioner KPUD Kabupaten Jayawijaya yang sudah terpilih dan ditetapkan sebelumnya.

Koordinator aksi dari FPDKJ Yos Elopere mengungkapkan, telah terjadi kekosongan jabatan komisioner KPUD Kabupaten Jayawijaya saat ini. “Kekosongan ini terjadi karena lima komisioner KPUD Kabupaten Jayawijaya yang sudah terpilih belum juga dilantik hingga saat ini. Tentu saja ini menjadi pertanyaan kita sebagai masyarakat, kenapa tidak segera dilantik, ada apa?,” kata Yos kepada wartawan di gedung KPU RI Jakarta, Kamis (14/03/2019).

Yang jelas, kata Yos, pihaknya sebagai masyarakat tidak mau kalau KPUD Kabupaten Jayawijaya nantinya diisi oleh komisioner KPU provinsi. “Karena mereka tidak memahami persoalan di tempat kami,” ucapnya.

Lebih lanjut Yos menduga bahwa belum dilantiknya lima komisioner KPUD Jayawijaya bisa jadi ada pihak-pihak yang tidak menginginkan adanya pelantikan. “Bisa saja ada pihak-pihak tertentu yang berusaha menggagalkan lima komisioner KPUD Jayawijaya terpilih untuk dilantik. Kami dengar bahwa ada pihak tertentu yang mendesak KPU pusat agar tidak melantik lima komisioner KPUD Kabupaten Jayawijaya. Hal ini tidak bisa kita biarkan karena masyarakat akan menjadi bingung dengan kondisi KPUD kabupaten Jayawijaya saat ini. Padahal sebentar lagi juga kita akan hadapi pemilu,” tandasnya.

Yang jelas, kata Yos, kedatangan mereka ke KPU dalam rangka meminta KPU RI untuk secepatnya melantik lima komisioner KPUD Kabupaten Jayawijaya. “KPU pusat harus segera lantik lima komisioner KPUD Kabupaten Jayawijaya jangan sampai kekosongan jabatan tersebut membahayakan demokrasi. Apa susahnya lantik lima komisioner KPUD Kabupaten Jayawijaya itu. Mereka terpilih secara aturan yang sah dan sudah ditetapkan. Jadi segera KPU pusat melantik kelima komisioner itu,” tegasnya.