KTNA Didik Petani Timor Leste

Tuesday 28 May 2013, 6 : 54 pm
republika.co.id

JAKARTA-Sebagai negara baru, Timor Leste berupaya memenuhi kebutuhan pangannya. Karena itu banyak petani timor leste belajar pertanian pada Kontak Tani dan Nelayan Andalan (KTNA). Program kerjasama antara pemerintah Timor Leste ini memberikan pelatihan khusus terkait pertanian tanaman pada di sawah. “Kami berikan langsung pelatihan menanam padi di sawah dengan cara yang baik. Mulai dari cari persemaian hingga menanam bibit padinya di sawah,” kata Ketua Umum KTNA, Winarno Tohir ketika dihubungi Berita Moneter.Com, yang mengaku ikut terjun langsung ke sawah didampingi Pemimpin Redaksi MITRA TANI, Mohammad Ruslim di Timor Leste,Selasa,28/7.

Menurut Winarno, Timor Leste sadar betul kondisi alamnya tak sebagus Indonesia. Karena itu, butuh petani-petani handal untuk mengejar ketertinggalan dalam masalah industri pertanian. Karena itu KTNA dipilih oleh Kementerian Pertanian Timor Leste untuk memberikkan pelatihan dan training terkait pertanian yang benar.

Lebih lanjut kata Winarno, keberadaan KTNA di Timor Leste ini dalam rangka membina dan sekaligus memberikan pemberdayaan para petani. Sehingga bisa memberikan pemecahan terhadap masalah-masalah pertanian. “KTNA diundang oleh Menteri Pertanian Timor Leste untuk memberi pelatihan pertanian,” ungkapnya.

Winarno mengaku petani Timor Leste tampaknya menyambut pelatihan ini dengan antusias. Bahkan mereka rela datang dari berbagai daerah ingin dilatih dan diberikan cara-cara yang benar menanam padi, jagung maupun tanaman yang lainnya. **can

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

FPKB : Kasus Zahro Express Harus Tuntas

JAKARTA-Kementerian Perhubungan diminta segera melakukan investigasi mendalam terhadap kasus terbakarnya

Laba Bersih BNII di 2022 Melorot 12% Jadi Rp1,47 Triliun

JAKARTA-PT Bank Maybank Indonesia Tbk (BNII) sepanjang 2022 hanya mencatatkan