Kuartal I-2013, Pembiayaan Dealer CIMB Niaga Tumbuh 57%

34

JAKARTA-PT Bank CIMB Niaga Tbk (“CIMB Niaga”) terus meningkatkan pembiayaan di sektor otomotif, melalui skema pembiayaan untuk dealer (dealer financing). Salah satunya dengan menggandeng TC Subaru, Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) Subaru di Indonesia. “Melalui kerjasama ini, CIMB Niaga akan membantu penyediaan kebutuhan modal kerja pada dealer-dealer Subaru, khususnya dalam hal pembelian kendaraan reguler yang digunakan untuk penjualan kendaraan di showroom masing-masing,” ujar Head of Business Product Strategic Development CIMB Niaga. Faisal Tambayong dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Minggu (19/5),

Disamping pembelian kendaraan untuk kebutuhan reguler, kata dua CIMB Niaga juga menyediakan modal kerja yang sifatnya insidentil untuk kebutuhan kendaraan tambahan yang dipesan konsumen. Adapun besarannya, disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing dealer.

Menurut dia, dengan menggandeng ATPM seperti Subaru Indonesia, penyaluran kredit kepada para dealer menjadi lebih selektif. Selain itu, kualitas kredit juga akan tetap terjaga. “Konsep pembiayaan dealer seperti ini, telah dilakukan CIMB Niaga sejak tahun 2009, dan terus kami intensifkan belakangan ini,” kata Faisal.

Hal ini terlihat dari data terakhir. Per 31 Maret 2013, pembiayaan dealer CIMB Niaga mencapai Rp645 miliar, tumbuh sekitar 57% dibandingkan pencapaian di periode yang sama tahun 2011 yang sebesar Rp411 miliar. Angka ini dicapai melalui kerjasama dengan sejumlah ATPM asal Jepang dan Amerika Serikat.

Menurut Faisal, potensi pembiayaan dealer ini masih akan besar ke depannya. Mengutip data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan mobil di Indonesia di tahun 2012 mencapai 1,116 juta unit. Tahun ini diperkirakan, penjualan mobil masih akan terus meningkat.

“CIMB Niaga sendiri masih membuka peluang kerjasama dengan sejumlah ATPM asal Amerika Serikat, Eropa, dan Jepang,” kata Faisal.

Sementara itu, Muh. Syah Perkasa, Senior Manager TC Subaru berharap, kerjasama dengan CIMB Niaga bisa berdampak positif pada perkembangan bisnis mereka, khususnya dalam hal penjualan Subaru di Indonesia, yang saat ini dilayani oleh 8 dealer dan 9 cabang di seluruh Indonesia.

“Melalui skema dealer financing, konsumen kami juga akan diuntungkan, karena ketersediaan kendaraan menjadi lebih cepat, dan otomatis waktu inden mobil juga menjadi lebih singkat. Tentunya ini bisa berdampak positif pada bisnis kami kedepannya,” tutup Perkasa