Kucuran Kredit Bank Mandiri Capai Rp14 Triliun

45

Jakarta—Bank Mandiri mengklaim telah mengucurkan kredit kepada lebih dari 503 ribu pelaku UKM, petani, peternak dan pekebun sekitar Rp13,59 triliun. “Salah satu realisasi komitmen kami dalam mengembangkan UMKM di Indonesia adalah melalui keseriusan dalam menyalurkan kredit program pemerintah,” kata Direktur Commercial & Business Banking Bank Mandiri Sunarso di Jakarta,17/12/2012.
Diakui Sunarso, kucuran kredit sebesar itu untuk UMKM adalah memperhitungkan penyaluran sejak pertama kali diluncurkan. Bank Mandiri memiliki komitmen yang tinggi dalam mengembangkan segmen UMKM, karena dari tahun ke tahun segmen ini menunjukkan perkembangan yang baik dan mampu menyerap tenaga kerja yang besar sehingga mampu mendorong peningkatan perekonomian masyarakat.
Bank Mandiri terus mengembangkan pembiayaan kepada segmen usaha kecil dan menengah (UKM) dengan menyalurkan kredit program pemerintah sebesar Rp4,42 triliun hingga Nopember 2012 kepada lebih dari 68 ribu debitur, mereka antara lain UKM, petani, peternak, dan pekebun dalam bentuk Kredit Usaha Rakyat (KUR), Kredit Ketahanan Pangan dan Energi (KKP-E), Kredit Pengembangan Energi Nabati Revitalisasi Perkebunan (KPEN-RP), serta Kredit Usaha Pembibitan Sapi (KUPS).
Sementara terkait penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR), sejak pertama kali diluncurkan pada Oktober 2007 hingga November 2012, Bank Mandiri telah menyalurkan KUR hingga Rp10,37 triliun kepada lebih dari 207 ribu debitur UMKM dengan tingkat NPL 2,24 %.
Jumlah itu tumbuh 52,56 % dibandingkan realisasi KUR pada November 2011 sebesar Rp6,79 triliun.Khusus untuk tahun 2012, hingga 14 Desember, Bank Mandiri telah menyalurkan KUR hingga Rp3,67 triliun. Jumlah tersebut melampaui target KUR yang dari pemerintah untuk Bank Mandiri sebesar Rp3,5 triliun. Artinya, penyaluran KUR Bank Mandiri telah mencapai 104,8 % dari target.
Mayoritas penyaluran KUR, ditujukan kepada sektor Perdagangan dan Pertanian yang masing-masing mencapai 51,7 % dan 31,1 % dari total penyaluran KUR Bank Mandiri di tahun 2012 kepada lebih dari 209 ribu debitur. Keberhasilan melampaui target penyaluran KUR, lanjut Sunarso, merupakan hasil dari strategi Bank Mandiri, yaitu menyalurkan dengan pola linkage dan individual. Hasilnya, hingga saat ini Mandiri berhasil menjaga kualitas KUR tetap baik dengan angka non performing loan (NPL) Bank Mandiri di kisaran 2,24 %. **can