Kunjungan Emir Qatar Perkuat Posisi Flores Sebagai Destinasi Wisata Super Prioritas

51
Emir Qatar Syaikh Tamim Bin Hamad Al-Thani

Oleh: Petrus Salestinus

Kunjungan Emir Qatar Syaikh Tamim Bin Hamad Al-Thani dan rombongannya, sebagai wisatawan ke Flores, khususnya ke Maumere semakin memperkokoh posisi Pulau Flores sebagai Kawasan Strategis bahkan Super Strategis Pariwisata.

Kunjungan Emir Qatar ini memiliki potensi dan pengaruh penting dalam aspek pertumbuhan ekonomi, sosial budaya, sumber daya alam, daya dukung lingkungan hidup dan pertahanan keamanan.

Kunjungan ini juga sekaligus memperkuat alasan penolakan masyarakat NTT terhadap program Wisata Halal dari Kementerian Pariwisata. Beberapa waktu lalu, Wisata Halal hendak diterapkan oleh BOP Labuan Bajo Flores. Namun wacana ini mendapat resistensi dari masyarakat NTT, karena dinilai bertentangan dengan konstitusi.

Kunjungan Emir Qatar dan rombongannya ke Maumere dan beberapa tempat lain di Flores dan Alor NTT, diharapkan dapat mengakhiri perdebatan panjang soal perlu tidaknya Wisata Halal diterapkan Kementerian Pariwisata di Flores khsusnya Kawasan Wisata di bawah Badan Otorita Pariwisata/BOP Labuan Bajo Flores yang beberapa waktu yang lalu sempat jadi polemik menghebohkan dunia Pariwisata NTT.

Mengapa, karena ternyata wisatawan sekelas Emir Qatar dan rombongan tidak mempertanyakan apakah di Flores ada program Wisata Halal atau tidak. Begitu juga masyarakat lokal, Maumere, Flores-pun tidak memberi syarat apapun tamasuk apakah Emir Qatar dan rombongan harus diterima dan diberlakukan Hukum Adat Budaya Maumere atau tidak.

Ini semua karena kedatangan Emir Qatar Syaikh Tamim Bin Hamad Al-Thani dan rombongan betul-betul murni sebagai rekreasi dan sudah paham dengan hukum positif Negara Indonesia. Sehingga Emir Qatar dan rombongan bisa langsung menuju ke obyek wisata “Teluk Maumere” untuk tujuan rekreasi, pengembangan pribadi atau untuk mempelajari dan menikmati keunikan daya tarik wisata yaitu keindahan alam Taman Laut, Teluk Maumere sebagai tempat menyelam terpopuler dan beberapa tempat lain di NTT.