LBH BUMN : Jangan Sudutkan PTDI

Monday 13 Mar 2017, 2 : 27 pm
tribunnews.com

JAKARTA-Lembaga Bantuan Hukum (LBH) BUMN angkat bicara terkait maraknya kabar yang menyudutkan PT. Dirgantara Indonesia (DI), dengan tudingan ketidakprofesionalan dalam pengelolaan perusahaan itu, sehingga berpotensi kerugian sebesar Rp 8 miliar dalam 24 kasus. “Menyikapi perkembangan akhir-akhir ini dimana diduga ada upaya menyudutkan posisi PT Dirgantara Indonesia, yang diduga oleh sejumlah pihak yang tidak bertanggungjawab maka pihak LBH BUMN menerima beberapa karyawan PT DI,” kata Ketua LBH BUMN, Habiburokhman dalam siaran pers yang diterima oleh wartawan, Senin (13/3).

Dijelaskan Habuburokhman, pihaknya telah mendapatkan masukan dari karyawan PTDI yang merasa kecewa sudah bekerja optimal dan PTDI sudah mulai bangkit, tapi malah dipolitisasi oleh oknum karyawan PTDI yang dahulu justru menjadi ‘aktor utama’ yang melakukan PHK ribuan karyawan PTDI dan melakukan korupsi serta membuat perusahaan plat merah ini di pailiitkan.

Menurut Habiburokhman, pihaknya juga telah mendapatkan data informasi valid tentang capaian-capaian PTDI yang seharusnya menjadi kebanggaan masyarakat Indonesia.

Berita-berita negatif yang muncul tentang PT DI tidaklah benar, kata Habiburokhman, termasuk audit BPK tahun 2015 dan merupakan informasi yang jauh dari kenyataan alias bohong,” tegasnya.

Lebih jauh, Habiburokhman menjelaskan hingga saat ini PT.DI terus melakukan pembenahan dilakukan terutama di sektor finansial, operasional, sumber daya manusia (SDM), dan teknologi informasi guna menjadikan PTDI yang sustainable dan terdapat juga delivery yang tepat waktu baik untuk pesawat dan helikopter untuk customer dalam dan luar negeri. “Contohnya penyerahan helikopter Bell 412 EP pesanan TNI AD dan Polri/Polud yang tepat waktu; penyerahan CN295 TNI AU yang bahkan mendahului jadwal dalam Kontrak; penyerahan CN235-220 MPA TNI AL yang tepat waktu; dan penyerahan CN235-220 ke Afrika yang tepat waktu,” paparnya.

Kerja professional, tambah dia telah ditunjukan oleh pihak PT DI untuk mengerjakan sejumlah pesawat pesanan berbagai tipe, dan selama ini tidak ada masalah karena persoalan teknis diselesaikan secara professional. Bahkan, langkah dalam upaya untuk meningkatkan kualitas pesawat berbagai jenis pun telah terus dilakukan oleh pihak PTDI, seperti beberapa contoh misalnya, pesawat NC212-400 Thai (MOAC: Ministry of Agricultural and Cooperatives).
Pengembangan NC212-200 ke NC212- 400 (engine/cockpit redesign) dimulai sejak 2011 dengan aktivitas iterasi kerjasama engineering antara Airbus Military, Spain dengan PTDI dan transfer fasilitas produksi dan engineering data NC212-400 ke Bandung.

“Saat ini dengan dukungan Kedubes RI di Bangkok, PTDI sedang memohon keringanan kepada user (MOAC-Thai) agar memperhitungkan faktor force majeure akibat bird impact pada engine yang dapat mereduksi denda sekitar US $3 juta,” ungkap Habiburokhman.

Dengan lesson learnt ini, menurut dia PTDI sudah memiliki pengalaman yang cukup untuk pengerjaan NC212-400 yang kemudian lebih lanjut dikembangkan menjadi NC212i. Saat ini pihak MOAC sedang dalam proses pengadaan lanjutan 2 unit NC212i melalui PTDI (kontrak pengadaan 1 unit direncanakan untuk ditandatangani pada akhir Maret 2017).

Yang lainnya seperti pesawat jenis NSP-22 yang telah digantikan dengan AS332C1e menjadi stok helikopter di PTDI yg saat ini dalam finalisasi proses upgrade menjadi NAS332C1+. Upgrading NSP22 menjadi NAS332C1+ ini juga ditujukan sebagai usulan typical solution model untuk melakukan upgrading armada Super Puma lama yang ada di TNI AU saat ini.

Stock NAS332 C1+ akan siap terbang pada awal Mei 2017 dan akan menjadi available stock/finish good inventory senilai US$14 juta. Saat ini sudah ada peminat AS332C1+ untuk end user di kawasan Afrika dan Timur Tengah dengan harga penawaran sebesar US$16,5 juta. “Atas dasar itu LBH BUMN mengajak semua pihak untuk mendukung keberlangsungan PT DI yang telah diperhitungkan banyak negara dan menjadi kebanggaan Indonesia, tak elok kita sudutkan dan tuduh membabi buta, perusahaan yang didalamnya anak bangsa sendiri dan sudah jadi kebanggan bangsa ini,” pungkas Habiburokhman. ***

Don't Miss

Ditjen Pajak-Polri Sosialisasikan Kerjasama Penegakan Hukum

BANJARMASIN-Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak bekerjasama dengan Kepolisian  Negara Republik Indonesia

Pemerintahan Desa Berperan Lindungi Buruh Migran

JAKARTA – Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes