Luthfi Diminta Menjaga Komoditi Sawit Indonesia

33

JAKARTA-Presiden Susilo Bambang Yudhoyono kembali memberikan kepercayaan kedua kalinya kepada Muhammad Luthfi sebagai Menteri Perdagangan. Padahal Luthfi pernah direshufle dari Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).”Saya memberikan kepercayaan kepada saudara Lutfi dengan harapan perdagangan kita menjadi salah satu pilar ekonomi Indonesia,” katanya di Istana Negara, tambah SBY.

Lebih jauh Kepala Negara meminta agar Muhammad Lutfi memberikan perhatian lebih soal perdagangan dalam negeri. “Prioritas sebagai menteri perdagangan aktif berupaya melakukan stabilisasi harga di dalam negeri. Ini penting dan itu salah satu domain menteri perdagangan,” ujarnya

Yang kedua, kata SBY, meskipun perekonomian global belum pulih tapi mendag baru harus sekuat tenaga menggenjot ekspor. Bahkan, alangkah baiknya jika bisa menemukan pasar baru.

Selain itu, Lutfi juga harus mampu menjalin kerjasama dengan negara-negara G-20, ASEAN, APEC dan lainnya. “Saya beri perhatian khusus agar mendag melakukan diplomasi efektif agar Indonesia tidak mengalami perdagangan yang tidak fair terutama perdagangan kelapa sawit,” pungkasnya. (ek)