Maju Lewat Parpol, Ahok Akan Dapat “Keuntungan”

38
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama

JAKARTA-Permintaan Partai Golkar terhadap Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) melalui maju partai politik pada Pilkada DKI Jakarta 2017 dinilai pilihan yang sangat rasional. Bahkan dengan menggandeng parpol, maka Ahok akan banyak mendapat “keuntungan”. “Apalagi antara Teman Ahok dan partai politik saat ini sudah saling mendukung, ” kata Peneliti senior Formappi, Sebastian Salang di Jakarta, Minggu (10/7/2016).

Menurut Sebastian Salang, saat ini tidak perlu memperdebatkan lagi soal pilihan melalui jalur independen atau parpol. Apalagi saat ini antara Teman Ahok dan partai politik sudah saling dukung, sehingga Ahok mau memutuskan maju melalui jalur independen atau partai politik pun tidak masalah. Masalahnya, sudah muncul kematangan berpolitik dari teman-teman Ahok dan mereka tidak lagi memikirkan dirinya sendiri.

Koordinator Formappi itu lebih jauh mengatakan, upaya beberapa pihak  memecah belah Teman Ahok dengan partai politik akan sia-sia, karena Teman Ahok sudah sangat matang dan paham permainan politik busuk.

Lagi pula, keberadaan
Teman Ahok bukan karena hasil mobilisasi, tetapi karena tingkat kesadaran politik yang tinggi. “Karena itu, parpol lain perlu mencari yang rasional dan menarik untuk bisa menghadang Ahok di Pilkada 2017,” katanya.

Beri Sinyal

Sebelumnya Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) telah memberi sinyal maju lewat jalur partai.

Ketua Umum Golkar Setya Novanto berharap Ahok benar-benar akan memilih maju melalui jalur partai politik di 2017 mendatang.

Hal tersebut disampaikan Novanto di sela open house yang digelar di kediamannya Jl Wijaya XIII, Jakarta Selatan, Rabu (6/7/2016) malam.

Dikatakan, dalam waktu dekat Ahok akan segera berpikir maju lewat jalur parpol. “Saya yakin dalam waktu tidak lama, pasti Ahok akan berpikir ke sana. Kita berikan dukungan yang kuat, saya selaku ketum partai dan seluruh kader baik DPR, maupun Fraksi Golkar di DPRD, dan seluruh kader Golkar akan dukung penuh kemenangan Ahok,” kata Novanto.

Novanto menjelaskan, timnya telah berkomunikasi dengan Ahok. Salah satunya terkait bagaimana memenangkan Ahok di Pilgub 2017. “Untuk secara kompak dan kuat, dan bersama-sama memikirkan, adanya kekuatan dalam memenangkan gubernur,” ujar Novanto.

Novanto menambahkan, dia tahu betul bagaimana Ahok sehingga yakin untuk mengusung mantan Bupati Belitung Timur ini di Pilgub 2017. “Ahok orang yang punya visi ke depan. Dulu pernah sama di DPR sebagai anak buah langsung. Saya tahu kiprahnya dan saya yakin pasti menginginkan yang terbaik. Parpol adalah pilihannya,” imbuhnya. ***