Maluku Siap Jadi Kekuatan Maritim Nasional

Thursday 22 Sep 2016, 9 : 49 pm
by

JAKARTA – Panitia Hari Pers Nasional (HPN) 2017 menggelar seminar nasional Road to HPN 2017 Maluku di Hotel Borobudur, Jakarta, Kamis, (22/9).

Penanggung Jawab HPN 2017 Margiono berharap, momentum pelaksanaan HPN 2017 ini akan membawa perubahan yang baik bagi Provinsi Maluku, melalui partisipasi masyarakat Maluku dan banyak kalangan yang terlibat dalam pelaksanaan HPN 2017.

Margiono juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Pemerintah Provinsi Maluku yang telah mempersiapkan diri menjadi tuan rumah HPN pada 10 Februari 2017 mendatang.

“HPN selalu berorientasi pada dua tujuan, yakni manfaat bagi masyarakat pers dan memberikan manfaat bagi masyarakat tuan rumah HPN,” ujar Margiono yang juga Ketua Umum PWI Pusat.

Seminar nasional bertema “Peran Pers dab Revitalisasi Kekuatan Maritim di Provinsi Maluku” dihadiri oleh Menteri Riset dan Pendidikan Tinggi M Nasir, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dan Wakil Gubernur Maluku Zeth Sahuburua.

Ditempat yang sama, Zeth Sahuburua menegaskan Provinsi Maluku sudah siap untuk menjadi tuan rumah HPN 2017.

“Saya berharap, melalui momentum pelaksanaan HPN 2017 ini, Maluku akan dikenal dunia dan semakin maju sebagai lumbung ikan nasional,” ujarnya.

Seminar nasional Road to HPN 2017 Maluku terbagi dalam tiga sesi, dimana masing-masing sesi memiliki tema masing-masing.

Seminar sesi pertama, bertema “Membangun Infrastruktur dan Perhubungan serta Finansial untuk Mendukung Industri Berbasis Maritim”.

Direktur Garuda Indonesia Arief Wibowo, Direktur Group Pengawasan Spesialis 2 Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Irnal Fiscallutfi, dan Staf Ahli Bidang Ekonomi Pengawasan dan Kemaritiman Kementerian Perhubungan, Umiyatun Hayati Triastuti menjadi pembicara dalam sesi pertama ini.

Arief Wibowo dalam pemaparannya mengatakan akan sangat mendukung perkembangan Provinsi Maluku sebagai kawasan industri perikanan dan pariwisata.

Saat ini, Garuda tengah mempertimbangkan akan membuat rute penerbangan baru dari Maluku menuju Darwin, Australia.

“Kita tengah mempertimbangkan Ambon-Darwin atau Saumlaki-Darwin. Apalagi kita akan kedatangan pesawat baru,” kata Arief.

Pada sesi kedua, Menteri KKP Susi Pudjiastuti, Menristek DIKTI M Nasir dan Wakil Gubernur Maluku Zeth Sahuburua menjadi pembicara dan membahas tentang “Pengembangan SDM bagi Sektor Perikanan dan Kelautan di Maluku”.

Wagub Maluku dalam sesi ini mempresentasikan kondisi faktual ekonomi Maluku dan potensi perikanan Maluku yang sangat besar.

Sementara, Menristek DIKTI M Nasir berbicara terkait penggunaan teknologi dalam penangkapan dan pengolahan ikan yang berbasis teknologi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Laman Bersamafh.com Beberkan Pemecatan Fahri

JAKARTA-Wakil Ketua DPR, Fahri Hamzah membeberkan secara kronologis soal pemecatannya

Alia Noor Anoviar Raih DSEA 2014

JAKARTA-PT Bank Danamon Indonesia, Tbk. (Danamon) menggelar acara Malam Penganugerahan