Mandala Airlines Kedatangan Airbus A320 Terbaru

Thursday 14 Mar 2013, 12 : 50 pm
by

JAKARTA-Mandala Airlines kedatangan Airbus A320 terbaru untuk memperkuat armada pesawatnya. Dengan kehadiran Airbus A320 ini, Mandala kini memiliki tujuh buah pesawat untuk melayani kebutuhan masyarakat Indonesia yang terus berkembang.   “Kami sebagai maskapai penerbangan Indonesia dengan tarif terjangkau (low-cost-carrier) yang memprioritaskan keselamatan dan kenyamanan bagi penumpang, serta tetap mempertahankan standar kelas dunia, dengan mengedepankan ketepatan waktu (On Time Performance),” tegas Presiden Direktur Mandala Airlines, Paul Rombeek di Jakarta, Kamis (14/3).

Menurut dia, Mandala Airlines akan terus menunjukkan konsistensi untuk bersaing dalam ketatnya pasar penerbangan tarif terjangkau. Tujuan Mandala Airlines adalah untuk menjadi maskapai penerbangan yang terkemuka, dan untuk mencapai tujuan tersebut kami harus berkembang cepat dalam menjawab kebutuhan pasar. “Kami berkomitmen untuk menghubungkan jutaan penumpang dengan memprioritaskan keselamatan, ketepatan waktu dan pengalaman perjalanan yang berkesan,” ujar dia.

Saat ini, kata dia Mandala melayani 38 penerbangan setiap harinya. “Dengan tambahan Airbus A320 kami yang ketujuh, kami berharap untuk menerbangi rute-rute baru dalam waktu dekat,” imbuh dia.

Menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah penumpang maskapai penerbangan di Indonesia menunjukkan pertumbuhan yang konsisten dari 62,3 juta penumpang di 2011 menjadi 70 juta di 2012, dengan tingkat kenaikan sebesar 12.3%. Dengan naiknya jumlah pertumbuhan penumpang maskapai penerbangan yang cukup stabil, pasar juga diperkirakan akan mengalami pertumbuhan yang positif dalam tahun-tahun berikutnya dan Mandala Airlines siap untuk memanfaatkan peluang tersebut.  “Indonesia merupakan pasar yang sangat potensial dan Mandala Airlines akan terus tumbuh dan berkembang untuk memenuhi kebutuhan penumpang Indonesia,” kata Direktur Komersial Mandala Airlines, Brata Rafly.

Untuk menandai kehadurannya di industri penerbangan, Mandala Airlines sedang memposisikan diri sebagai maskapai yang sejalan dengan gaya hidup masa kini dengan memberikan sentuhan dan pengalaman yang seru, smart, dan segar dalam setiap perjalanan bisnis maupun wisata agar relevan dengan gaya hidup penumpang. “Kami rasa perjalanan udara memang sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari gaya hidup penduduk Indonesia sekarang,” tutur dia. 

 Airbus A320 merupakan salah satu pesawat paling efisien untuk keperluan Mandala Airlines dalam melayani penumpang. Produk single-aisle terlaris ini telah menjadi standar industri penerbangan dalam hal kenyamanan dan efisiensi operasional pada rute penerbangan jarak pendek sampai menengah. Biasanya Airbus A320 memiliki 150 sampai 180 tempat duduk penumpang untuk penerbangan tarif terjangkau dan penerbangan sewaan (charter).

Teknologi canggih Airbus A320 mencakup penggunaan composite ringan secara ekstensif, sayap yang dioptimalkan 20 persen lebih efisien dari desain sebelumnya, layar penunjuk sentral untuk mempermudah deteksi permasalahan, dan biaya pemeliharaan yang lebih rendah, serta dilengkapi  fly-by-wire flight controls.

Kelebihan fly-by-wire control yang dirintis pada Airbus A320 menyajikan total flight envelope dan airframe structural protection untuk meningkatkan keamanan dan mengurangi beban kerja pilot, serta meningkatkan kemulusan dan kestabilan penerbangan, karena jumlah suku cadang mekanis yang lebih sedikit.

Mandala Airlines kini telah kembali beroperasi selama hampir satu tahun. Selain secara konsisten melakukan penambahan armada, dalam kurun waktu kurang dari setahun Mandala Airlines telah melakukan perluasan jangkauan yang baru-baru ini menghubungkan Yogyakarta dan Pekanbaru ke sejumlah kota di Indonesia dan Asia Tenggara. Mandala Airlines juga telah meluncurkan Airport  Ticket Office (ATO) dan City Ticketing Office (CTO) di beberapa kota, serta Call Center (021-2939 6688) yang resmi dibuka pada Maret 2013.   (gam/bud)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Naikan Kualitas Infrastruktur, Tol Bocimi Ditanami Pohon Bungur

CIGOMBONG-Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus melakukan berbagai

OJK Optimis Pembiayaan Program Jaring 2015 Tembus Rp7,2 Triliun

JAKARTA-Deputi Komisioner Pengawas Perbankan OJK, Mulya E Siregar menjukkan optimismenya