Cegah Bank Gagal, DPR Bentuk Panja Pengawasan Bank

Monday 4 Mar 2013, 8 : 23 am
Arif Budimanta

JAKARTA-Komisi XI DPR akan segera membentuk Panitia Kerja (Panja) pengawasan sektor perbankan guna dapat mendeteksi secara dini kemungkinan terjadinya bank-bank yang memiliki dampak sistemik apabila dianggap gagal.

“Komisi XI membentuk Panja untuk memantau hasil pengawasan yang dilakukan oleh Bank Indonesia (BI) sesuai UU. Panja itu merupakan tindak lanjut hasil pengawasan perbankan,” ujar anggota Komisi XI dari Fraksi PDI Perjuangan  Arif Budimanta di Jakarta, Senin (4/3).

Menurut dia, pembentukan Panja ini sangat penting untuk dapat memitigasi dampak krisis global. Sekarang ini kata dia, dunia internasional efek krisis keuangan global ini sampai ke Indonesia efeknya.

“Krisis global itu terjadi sejak 2011. Di 2012 akhir kita mulai rasakan dampaknya dengan langkah yang ditempuh pemerintah mengoreksi asumsi pertumbuhan ekonomi nasional. Dan tahun 2013 juga pasti juga akan terjadi koreksi target pertumbuhan ekonomi nasional,” ujar Arif.

Arif pun tidak menampik bahwa panja ini dibentuk bukan sekadar untuk mengawasi dampak krisis keuangan global semata, tetapi juga sebagai antisipasi dan mewaspadai tahun 2014 yang disebut tahun politik.

Pengalaman sebelumnya muncul kasus bank gagal, kemudian diklaim berdampak sistemik, yakni kasus Bank Century. Kondisi itu dijadikan alasan bagi otoritas kebijakan untuk melakukan bailout dengan memakai uang negara. Sementara uang itu mengalir ke mana-mana atau tidak jelas.  

“Tentu kita semua tidak ingin kasus seperti itu kembali terjadi dan terulang. Tugas DPR termasuk masyarakat memastikan bahwa saat ini tidak ada perbankan di dalam negeri yang kondisinya tidak sehat. Jika ada, jelas akan menjadi celah untuk alasan kebijakan bailout lagi dan ini perlu dicegah dari sekarang,” tegasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Survei Median: Ahok-Djarot Masih Terkuat

JAKARTA-Media Survei Nasional (Median) melakukan jajak pendapat untuk mengetahui peta
PT Adi Sarana Armada Tbk

Adi Sarana Raih Fasilitas Kredit Bank of China Rp200 Miliar

JAKARTA-PT Adi Sarana Armada Tbk (ASSA), telah menandatangani perjanjian pinjaman dengan