Mendag: Harga Kebutuhan Pangan Selama Ramadan Terkendali

Wednesday 12 Jun 2019, 4 : 50 pm
by
Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita

JAKARTA-Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita mengatakan harga-harga kebutuhan pangan terkendali dan stabil pada periode Ramadhan dan Lebaran 2019. Hal ini terjadi seiring dengan langkah
pemerintah yang terus berupaya menjaga ketersediaan pasokan meski terdapat peningkatan permintaan.

“Ketersediaan dan pengendalian harga akan terus berlangsung sampai sepanjang tahun. Kita betul-betul membuat keseimbangan suppy and demand,” kata Enggar di Jakarta, Rabu (12/6).

Meski demikian, Mendag mengakui bahwa adanya kenaikan beberapa harga bahan kebutuhan pokok, namun dalam tataran normal.

Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Azam Azman Natawijana juga mengakui terjadinya kestabilan harga pangan saat bulan suci Ramadan dan hari raya lebaran ini. Hal tersebut, diketahuinya dari hasil kunjungan yang dilakukan anggota dewan di beberapa pasar.

Meski stabil, Azam melanjutkan, daya beli masyarakat lebih rendah dibandingkan saat bulan suci Ramadan dan hari raya Idul Fitri 2018.

Diakuinya, situasi ini secara tak langsung berpengaruh dengan stabilitas politik Indonesia. Stabilitas harga pangan ini terutama bisa meredam gejolak politik pascapengumuman pemenang Pemilu oleh KPU pada 21 Mei 2019 lalu.

“Sebab, stabilitas pangan goyang. maka akan menaikkan eskalasi politik. Tapi buktinya tidak, masyarakat tenang,” katanya.

Redam Gejolak Politik

Sekjen Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas mengakui, stabilitas harga pangan ini berpengaruh terhadap stabilitas politik di Tanah Air jelang perayaan Lebaran. Situasinya tetap aman dan terkendali setelah sempat memanas saat hasil Pemilu 2019 diumumkan.

Semasa bulan puasa dan Lebaran, harga pangan diamati Anwar memang mengalami kenaikan. Tapi baginya kondisinya masih terbilang wajar.

“Ada naiknya juga. Tapi bisa meredam situasi politik,” kata Anwar di Jakarta, Rabu (12/6).

Pendapat serupa disampaikan Direktur Riset Lembaga Kajian Visi Teliti Saksama, Nugroho Pratomo. Dia memastikan, kenaikan harga pangan yang terjadi selama bulan Ramadan masih dalam konteks yang wajar karena ada peningkatan permintaan. Meski begitu, baginya, pemerintah tetap berhasil mengendalikan kenaikan harga pangan.

“Memang, ada kenaikan. Tapi, masih dalam konteks wajar karena ada peningkatan permintaan. Kalau dalam data BPS, kenaikan harga pangan terjadi pada Juni 2019,” kata Nugroho.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Yudi Mundur Dari BPIP, Fahri : Dia Tokoh Bermoral

JAKARTA-Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudi Latif mengundurkan diri.

4 Kementerian Dukung Penghentian Diskriminasi di Tempat Kerja

JAKARTA-Empat kementerian sepakat mendukung upaya-upaya mempercepat penghentian segala bentuk diskriminasi