Mendag Luncurkan AEC Center

Monday 28 Sep 2015, 6 : 13 pm
by

JAKARTA-Menteri Perdagangan (Mendag) , Thomas Lembong meluncurkan ASEAN Economic Community (AEC) Center di Jakarta, Senin (28/9). Peluncuran ini merupakan salah satu upaya Kemendag untuk mensosialisasikan pemberlakuan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) pada 1 Januari 2016, serta peluang pasar yang harus diraih kepada segenap pemangku kepentingan, khususnya pejabat pemerintah daerah, pelaku bisnis, akademisi, dan masyarakat umum. “AEC Center ini sangat diperlukan agar semua pihak bisa mendapatkan update dan progress tentang MEA agar Indonesia dapat meraih dan memaksimalkan manfaat MEA bagi perekonomian Indonesia,” ungkap Thomas Lembong.

Thomas menuturkan salah satu kunci keberhasilan implementasi MEA adalah jika seluruh masyarakat mengetahui secara benar mengenai MEA, manfaatnya, dan cara memanfaatkannya. AEC Center akan memberikan dukungan dan pengetahuan seputar MEA. “Pengetahuan masyarakat yang benar dan jelas tentang MEA adalah salah satu kunci suksesnya implementasi MEA,” tegas Mendag.

Ditempat yang sama, Direktur Jenderal Kerja Sama Perdagangan Internasional (KPI) Bachrul Chairi menjelaskan bahwa AEC Center dibentuk dengan misi untuk memberikan konsultasi perdagangan dan jasa, edukasi publik tentang perkembangan dan peluang MEA, serta pelayanan advokasi bagi para pelaku usaha untuk pasar ASEAN. Tujuannya, agar pelaku usaha dapat meningkatkan daya saing dan meningkatkan ekspor ke pasar ASEAN maupun ke mitra dagang ASEAN.

Selain itu, AEC Center juga akan memberikan coaching clinics kepada pelaku usaha tentang peluang ekspor produk-produk unggulan dan produk potensial, serta informasi yang lengkap mengenai semua prosedur kegiatan ekspor ke pasar ASEAN dan semua Mitra Dagang ASEAN. Dengan demikian, Indonesia diharapkan dapat meningkatkan ekspor ke pasar ASEAN maupun pasar global.   “AEC Center diharapkan bisa menjadi portal semua informasi yang berkaitan dengan MEA. Masyarakat dan para pemangku kepentingan, serta pelaku usaha dapat memanfaatkan AEC Center dengan sebaik-baiknya untuk mendapatkan segala informasi terkait MEA,” ujar Bachrul.

Dalam kesempatan tersebut, Mendag Thomas juga meluncurkan dan meresmikan mobile magic box MEA. Mobile magic box ini akan melakukan roadshow, berkeliling ke Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, dan Bandung selama 30 hari ke depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

PHK Selama Covid-19, LBH Pers dan AJI Jakarta Buka Posko Pengaduan Bagi Wartawan

JAKARTA-Pemerintah melalui Presiden Jokowi dan Menteri Kesehatan dr. Terawan melaporkan

Dongkrak Daya Saing, Inovasi Teknologi Terus Dipacu

JAKARTA-Kementerian Perindustrian (Kemenperin) akan semakin giat mendorong keterlibatan sektor industri