Mendag Minta Konsumen Beli CD/DVD Lokal Asli

Friday 17 May 2013, 8 : 40 pm
by

JAKARTA-Menteri Perdagangan Gita Wirjawan meminta konsumen Indonesia untuk tidak lagi membeli CD/DVD yang tidak sesuai ketentuan bermuatan karya musisi dan sineas lokal karena akan menghancurkan industri hiburan yang bernilai ekonomi tinggi,dan juga memiskinkan ketahanan budaya dalam negeri.  “Kami ingin mengajak masyarakat luas untuk dapat lebih memberikan penghargaan bagi karya seni para artis dan pekerja seni Indonesia, dengan membeli CD atau DVD yang asli,”ujar Gita ketika menerima belasan artis yang menyambangi kantor  Kementerian Perdagangan untuk mendukung upaya yang tengah dilakukan Mendag dalam memberikan perlindungan bagi konsumen penikmat seni di Jakarta, Jumat (17/5).

Mendag mengakui tidak mudah mengubah perilaku masyarakat agar menjadi konsumen yang hanya mau membeli CD/DVD asli. “Untuk mengubah perilaku konsumen dan memberikan penyadaran bagi masyarakat, diperlukanedukasi yang terus-menerus dan konsisten,” ujar dia.

Mendag mengingatkan masyarakat bahwa industri hiburan memiliki sumbangan penting bagi ekonomi global saat ini. “Indonesia sangat kaya dengan seniman, artis, budayawan, pekerja seni  yang luar biasa. Indonesia bisa menjadi salah satu raksasa dalam industri hiburan global. Nilai ekonominya sangat tinggi. Namun ini semua tak akan terwujud bila konsumen Indonesia memilih untuk membeli produk-produk hiburan yang tidak sesuai dengan ketentuan,” kata dia

Para artis yang hadir sangat mendukung upaya yang saat ini tengah disinergikan oleh ketiga Kementerian, yaitu Kementerian Perdagangan, Kementerian Hukum dan HAM, serta Kementerian Perindustrian.

Dalam diskusi itu muncul pendapat dari para artis bahwa penghargaan terhadap karya seni mereka akan dapat semakin mendorong iklim industri seni di Indonesia menjadi lebih kondusif.  Kondisi itu akan menjadi pendorong bagi para artis dan pekerja seni untuk lebih produktif dalam berkreasi. Pengawasan yang dilakukan pemerintah melalui tiga Kementerian ini antara lain untuk memastikan bahwa para pelaku usaha di industri cakram optik isi lagu dan film mematuhi beberapa ketentuan yang memberi perlindungan Hak Kekayaan Intelektual para pekerja seni.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Gerindra: Desa Penyangga Utama Ketahanan Pangan Nasional

YOGYAKARTA-Desa-desa di Indonesia adalah penyangga utama ketahanan pangan nasional terlepas

BI Raih Akreditasi Arsip ‘Sangat Baik’ Dari ANRI

JAKARTA-Bank Indonesia (BI) meraih akreditasi kearsipan dengan nilai A atau