Menhub: Fasilitas di Terminal 3 Ultimate BSH Harus Berfungsi Maksimal

26
Perhubungan (Menhub) Ignatius Jonan/photo Raja Tama

TANGERANG-Menteri Perhubungan (Menhub) Ignatius Jonan, mensyaratkan kelengkapan fasilitas dasar di terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno Hatta (BSH) harus berfungsi maksimal sebelum resmi dioperasikan terminal 3 Ulitmate pada 20 Juni 2016 mendatang. “Persyaratan dasar harus selesai, fasilitas dasar harus selesai, misalnya kalau pemasangan lantai selebar ini belum selesai, ya tidak bisa dipakai, tapi mungkin kalau tanggl 16 bisa, artinya bisa beroperasi,” terang Jonan di terminal 3 Ultimate BSH, Selasa (14/6).

Jonan yang datang sore tadi dan berkeliling ke apron terminal 3 Ultimate, menggap fasilitas dasar pada terminal tersebut belum sepenuhnya optimal jika dituntut untuk segera digunakan.

Sejumlah pekerjaan konstruksi masih nampak dilantai dasar terminal 3 Ultimate tersebut, seperti pemasangan keramik pada lantai dasar, pemasangan internit dilantai dasar, pengaktifan lift dan eskalator turut menjadi sorotan Jonan dalam lawatanya itu.  “Kan enggak sampai ini tidak beroperasi nanti direksinya dipecat, kalau engga siap ya engga siap saja, tapi kita mendorong supaya siap. Misalnya eskalator atau lift itu harusnya sudah  bisa dipakai,” ucapnya.

Selaku Menteri, pihaknya belum dapat memastikan rencana pengoperasian terminal tersebut, apakah akan sesuai jadwal yang ditentukan APII atau mundur dari rencana.  “Kalau hari ini ya engga siap, makanya kita lihat saja tanggal 16 Juni. Kalau tanggal 16 Juni  nggak bisa,  ya kita tunda. Makanya kita lihat sajalah nanti,” tutupnya. (Raja Rama)