Meningkat, Posisi Cadev Tercatat USD115,2 Miliar

Friday 9 Nov 2018, 1 : 44 pm
by
ilustrasi

JAKARTA-Bank Indonesia (BI) mencatat posisi cadangan devisa Indonesia tercatat USD115,2 miliar pada akhir Oktober 2018, meningkat dibandingkan dengan USD114,8 miliar pada akhir September 2018. Posisi cadangan devisa tersebut setara dengan pembiayaan 6,4 bulan impor atau 6,2 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah, serta berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor.

“BI menilai cadangan devisa tersebut mampu mendukung ketahanan sektor eksternal serta menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan,” ujar Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI, Agusman.

Peningkatan cadangan devisa pada Oktober 2018 terutama dipengaruhi oleh penerimaan devisa migas dan penarikan utang luar negeri (ULN) pemerintah yang lebih besar dari kebutuhan devisa untuk pembayaran ULN pemerintah dan stabilisasi nilai tukar rupiah.

“Ke depan, BI memandang cadangan devisa tetap memadai didukung keyakinan terhadap stabilitas dan prospek perekonomian domestik yang tetap baik, serta kinerja ekspor yang tetap positif,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Tower Bersama Infrastructure Siap Lunasi Obligasi Senilai Rp1 Triliun

JAKARTA-Manajemen PT Tower Bersama Infrastructure Tbk (TBIG) berencana melakukan pelunasan

Tantangan Industri Keuangan Syariah di 2015 Tak Mudah

JAKARTA-Setelah mengalami pertumbuhan yang tinggi pada tahun-tahun sebelumnya, sektor jasa