Menkeu Bambang Salah Satu Terbaik di Asia

Friday 26 Feb 2016, 7 : 49 pm
by
Menteri Keuangan Bambang P.S. Brodjonegoro, salah satu Menkeu terbaik di Asia

JAKARTA-Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang P.S. Brodjonegoro dinobatkan menjadi salah satu Menkeu  terbaik di Asia versi FinanceAsia. Lembaga penerbitan terkemuka di bidang keuangan dan pasar modal di Asia ini memberikan penghargaan sebagai Menkeu terbaik keempat dalam Asia’s Best Finance Ministers 2016.

Dalam publikasinya pada Kamis (24/2), FinanceAsia telah memberikan penilaiannya atas kinerja para Menkeu dari 12 negara dengan perekonomian terbesar di kawasan Asia Pasifik. Ini merupakan kali kedua lembaga penerbitan tersebut memberikan penilaiannya, setelah yang pertama dilakukan pada tahun 2015 lalu.

Untuk tahun 2016 ini, Menkeu Filipina Cesar Purisima kembali terpilih sebagai Menkeu terbaik di Asia. Selanjutnya, peringkat kedua dan ketiga masing-masing diberikan oleh Menkeu, India Arun Jaitley dan Menkeu, Korea Selatan Choi Kyung-hwan, disusul oleh Menkeu Indonesia Bambang P.S. Brodjonegoro di peringkat keempat.

Menkeu Hong Kong John Tsang Chun-wah menduduki peringkat kelima, disusul oleh Menkeu, Singapura Heng Swee Keat di peringkat keenam. Sementara itu, Menkeu Tiongkok Lou Jiwei dan Menkeu Australia Scott Morrison masing-masing berada di peringkat ketujuh dan kedelapan.

Berada di peringkat kesembilan dan sepuluh, masing-masing Menkeu Taiwan Chang Sheng-ford dan Menkeu Jepang Taro Aso. Terakhir, Menkeu Thailand Apisak Tantivorawong dan Menkeu Malaysia Najib Razak masing-masing berada di peringkat sebelas dan dua belas.

Penilaian tersebut didasarkan pada beberapa indikator, terutama terkait dengan peran  masing-masing menteri keuangan dalam kebijakan fiskal dan anggaran, pasar modal, pengaturan lembaga keuangan, dan pelaksanaan reformasi. “Persepsi investor adalah salah satu cara untuk melihat sebaik apa pekerjaan mereka, terutama pada saat-saat yang sulit. Tapi kriteria terkuat adalah independensi, ” ungkap FinanceAsia.(kemenkeu.go.id)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Peran Fiskal ke Sektor Riil Harus Ditingkatkan

JAKARTA-Direktur Institute for Development of Economics and Finance (Indef),  Enny
Selain elektabilitas

Selain Elektabilitas, Capres KIB Harus Berintegritas dan Pro Rakyat

JAKARTA-Ketua DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Ahmad Baidowi mengungkapkan sejumlah