Menpar Meet Up! Millennials di Transmedia

Wednesday 24 Apr 2019, 1 : 06 pm
by

JAKARTA-Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengajak kaum milenial untuk memanfaatkan keunggulan pariwisata di era revolusi industri 4.0 atau Tourism 4.0 untuk memenangkan persaingan sektor pariwisata di pasar global.

Hal itu disampaikan Menpar Arief Yahya saat melakukan Media Visit Transmedia di Gedung Trans TV, Jakarta Selatan, Rabu, (24/4/2019).

Sebagai Keynote Speech dalam CNN Indonesia Meet UP!, Menpar Arief menjelaskan mengenai perkembangan pariwisata Indonesia di tengah kemajuan teknologi informasi serta memberikan inspirasi kepada generasi milenial untuk turut serta membantu program pemerintah melalui media sosial.

“Saat ini perilaku wisatawan sudah sangat digital. Selain itu juga semakin dominannya millennials travellers. Sekitar 70% travellers melakukan ‘search dan share’ melalui platform digital dan lebih dari 50% inbound travellers kita adalah kaum milenial,” kata Menpar Arief dihadapan ratusan mahasiswa dari beberapa Universitas di Jakarta.

Menpar Arief menjelaskan, transformasi Tourism 4.0 itu cukup berat. Tetapi bagi Kemenpar, proses digitalisasi sudah dilakukan sejak 4 tahun silam, ketika Menpar Arief Yahya melakukan evolusi dipercepat. Dari tradisi analog dan konvensional menjadi penggunaan digital di semua lini.

“Tourism 4.0 lahir seiring dengan mulai tersedianya big data perilaku travellers yang mampu dikumpulkan via apps dan sensor yang kemudian diolah untuk menciptakan seamless dan personalized travelling experience,” sebut Menteri Arief Yahya.

Seamless dan personalized experience itu, lanjut Menpar, bisa diwujudkan karena adanya peran teknologi-teknologi Revolusi Industri Keempat (4.0). Yaitu: artificial intelligence, internet of things (IoT), big data analytics, robotics, augmented reality, cloud computing, blockchain, dan sebagainya. Inilah berbagai teknologi yang kini sering disebut sebagai Teknologi 4.0.

“Target Presiden Jokowi 20 juta tahun 2019 itu sama dengan double, dari start awal 9,3 juta di 2014. Untuk mendapatkan hasil yang luar biasa, hanya bisa ditempuh dengan cara yang tidak biasa! Dan cara yang tidak biasa itu adalah: Digital,” ungkap Arief Yahya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Buat Beli Kapal Anak Usaha, Samudera Indonesia Tawarkan Sukuk Ijarah Rp550 Miliar

JAKARTA-Perusahaan di bidang pelayaran PT Samudera Indonesia Tbk (SMDR) menerbitkan sukuk

Utang Korporasi Berpotensi Default

JAKARTA-Volatilitas nilai tukar rupiah terhadap dollar AS yang tidak kunjung