Menperin Dorong Peningkatan Ekspor Industri Alas Kaki Nasional

Sunday 2 Aug 2015, 7 : 56 am
by

JAKARTA-Industri alas kaki nasional merupakan salah satu sektor yang terus memberikan kontribusi cukup signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi nasional melalui peningkatan ekspor dan penyerapan tenaga kerja. Oleh karena itu, industri alas kaki nasional sebagai industri prioritas yang akan terus didorong pengembangannya. “Sejalan dengan upaya Pemerintah dalam mendorong pengembangan ekspor terutama untuk produk non migas di dalam negeri, kami berharap semakin banyak produsen alas kaki nasional yang dapat melakukan pengembangan usahanya sehingga nilai ekspor alas kaki nasional dapat ditingkatkan dan dapat menyerap tenaga kerja lebih banyak lagi,” papar Menteri Perindustrian Saleh Husin dalam sambutannya pada acara Halal Bihalal dengan manajemen dan karyawan PT. Adis Dimension Footwear di Banten, Jumat (31/7).
Berdasarkan data Kemenperin, investasi industri alas kaki cenderung naik setiap tahunnya. Pada tiga tahun terakhir (2011–2014), kenaikan rata-rata mencapai 4,74%. Pada tahun 2014, nilai investasi disektor industri alas kakisebesar Rp. 10,7 triliun atau naik sekitar 1,25% dibanding tahun sebelumnya,dan mampu menyerap tenaga kerja sebanyak 643 ribu orang.
Ekspor industri alas kaki juga terus mengalami peningkatan, dimana pada tahun 2014 nilai ekspor produksi alas kaki nasional mencapai USD 4,11 miliar atau naik sebesar 6,44% dibanding tahun sebelumnya. “Negara tujuan ekspor utama produk alas kaki Indonesia, diantaranya adalah Amerika Serikat, Belgia, Jerman, Inggris dan Jepang,” jelasnya.
Di samping itu, industri alas kaki merupakan salah satu industri yang nilai perdagangannya terus meningkat dengan rata-rata nilai surplus dalam lima tahun terakhir yang mencapai USD 2,84 miliar. Pada akhir tahun 2014, surplus perdagangan produk alas kaki sebesar USD 3,7 miliar.
Namun menurut Menperin, pemenuhan pangsa pasar dunia industri alas kaki Indonesia baru mencapai 3%. Hal ini perlu ditingkatkan agar industri alas kaki sebagai penghasil devisa negara dapat ditingkatkan lagi. “Selain itu juga, dengan jumlah penduduk Indonesiayang mencapai lebih dari 240 juta jiwa, diharapkan dapat menjadikan pasar potensial dan strategis yang dapat memberikan dukungan positif bagi para investor untuk mengembangkan industri alas kaki di Indonesia,” tuturnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

DPN Peradi Advokasi Mantan Atlet Nasional Korban Penggusuran

BANDUNG-Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) melakukan advokasi

Hari Pertama, Jumlah Pergerakan Transportasi dan Penumpang Turun Signifikan

JAKARTA-Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyampaikan jumlah pergerakan transportasi dan penumpang di