Menperin: Industri Garmen Harus Agresif Berekspansi

Wednesday 26 Aug 2015, 8 : 05 pm
by

BOYOLALI-Pengembangan industri garmen semakin mengarah ke bisnis yang terintegrasi dari hulu ke hilir. Pelaku industri ini membidik produksi bahan baku serat kain hingga masuk ke sektor retail yang berhubungan langsung dengan konsumen akhir. Hal ini diikuti pula dengan aliran investasi dan pendirian pabrik baru serta perluasan fasilitas produksi Tekstil dan Produk Tekstil (TPT).
Menurut Menteri Perindustrian Saleh Husin, investor dan pelaku bisnis menilai Indonesia tetap prospektif untuk penanaman modal jangka panjang. “Rekan-rekan pelaku industri garmen yang sudah ada, yang existing, saya lihat semakin agresif berekspansi menambah pabrik dan memperluas pasar ekspor. Untuk industri padat karya seperti garmen, maka berarti lapangan kerja semakin banyak tercipta,” kata Menperin Saleh Husin pada peresmian pabrik garmen PT Eco Smart Garment Indonesia, anak usaha PT Pan Brothers Tbk di Boyolali, Jawa Tengah, Rabu (25/8).
Sepanjang triwulan I 2015, investasi PMDN industri TPT naik 25,4 persen menjadi Rp 455,1 miliar dari periode yang sama 2014 yang sebesar Rp 362,8 miliar. Sedangkan untuk PMA tekstil sampai dengan triwulan I tahun 2015 investasinya mencapai USD 63 juta atau sekitar Rp 850,5 miliar.
Kemenperin mencatat, industri tekstil berperan sebagai penyumbang devisa, penyedia sandang nasional dan menyerap tenaga kerjasebesar 10,6% dari total tenaga kerja industri manufaktur.
Secara lebih luas, di Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) telah terdaftar investasi baru senilai Rp 2.500 triliun yang menunjukan bahwa Indonesia merupakan negara yang sangat potensial secara ekonomi. “Apalagi, sepanjang semester I 2015 ini cukup banyak investasi baru yang saya resmikan, sejumlah 15 industri yang tersebar di Bekasi, Cikarang, Cilegon, Bogor, Karawang, Garut, Gresik, Semarang, Boyolali, Palu hingga Morowali termasuk investasi baru PT. Eco Smart Garment ini,” ungkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Semen Merah Putih Ramaikan Pasar Nasional

JAKARTA-Semen Merah Putih yang merupakan produk PT Cemindo Gemilang kini

Ini Tuntutan Warga Terhadap Rencana Eksekusi Pasar Kemiri Muka

Depok – Rencana eksekusi terhadap lahan yang ada di Pasar