Menperin: Industri Metal Terus Lakukan Inovasi

Monday 24 Aug 2015, 7 : 35 pm
by
Menperin, Saleh Husin

GRESIK-Menteri Perindustrian (Menperin), Saleh Husin mengapresiasi industri metal dalam negeri yang terus mengembangkan produksi. Inovasi yang telah dilakukan terbukti mampu memperkuat daya saing dan diterima konsumen. “Pelaku industri metal kita gesit merespon kebutuhan pasar, baik pasar korporat maupun konsumen retail. Mereka berinovasi dalam teknologi produksi dan menambah item produk,” kata Menperin Saleh Husin di Gresik, Jawa Timur, Senin (24/8).
Menperin berada di Gresik untuk mengunjungi pabrik milik PT Wiharta Prametal. Produk perusahaan ini mengalir ke proyek konstruksi bangunan tinggi hingga perumahan.
Direktur Utama Wiharta, Adi Wijaya merinci produk metal yang dihasilkan yaitu kuda-kuda baja ringan, genteng metal, railing tangga, pintu metal, kusen alumunium dan pipa stainless steel. “Kami juga membuat begel yang dipakai untuk siku-siku besi pengecoran. Dengan memakai mesin, kontraktor menghemat waktu dari sebelumnya satu bulan jika dengan cara manual, menjadi hanya dua hari,” ujar Dirut Adi Wijaya.
Menperin Saleh Husin mengapresiasi perusahaan ini karena melakukan inovasi sehingga lebih produktif, diterima konsumen, mampu bersaing. “Apalagi Wiharta akan ekspansi memproduksi pelat metal. Artinya mereka siap bersaing dan harus kita dukung untuk penguatan industri dalam negeri,” ujarnya Menperin.
Pemerintah, imbuhnya, juga telah mewajibkan instansi dan kementerian menggunakan produk dalam negeri dalam proyek pengadaan barang dan jasa. Hal ini diharapkan memperkuat industri nasional termasuk produsen metal.
Sebelumnya, pada hari yang sama, Menperin meresmikan pabrik semen senilai Rp 11 triliun di Tuban milik PT Holcim Indonesia Tbk. Pabrik itu terdiri dari dua unit produksi berkapasitas total 3,4 juta ton per tahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Erick Thohir Kukuhkan TKD Jokowi-Ma’ruf Jabar

BANDUNG-Ketua Tim Kampanye Nasional Pasangan Calon Presiden-Wakil Presiden RI Joko

Kemenperin Usulkan Rp 800 Miliar untuk Revitalisasi 1700 SMK

JAKARTA-Kementerian Perindustrian (Kemenperin) telah mengusulkan anggaran sebesar Rp800 miliar untuk