Menperin: Transfer Teknologi, Eratkan Investasi Jerman

Friday 9 Oct 2015, 2 : 18 am
by

JAKARTA-Pemerintah mendorong perusahaan asal Jerman untuk memacu transfer teknologi selama mereka melakukan aktivitas bisnis dan investasi di Indonesia. Apalagi, negara Eropa itu dikenal memiliki tradisi kuat dalam riset dan penguasaan teknologi yang mumpuni. “Itu kondisi ideal yang kita harapkan agar sama-sama ‘happy’. Kita yang sedang membangun infrastruktur tentu butuh teknologi mereka, sebaliknya Jerman kan juga butuh negara seperti Indonesia untuk memutar investasi mereka,” kata Menteri Perindustrian Saleh Husin usai  memberi sambutan Hari Jadi ke-40 Siemens Indonesia di Pulomas, Jakarta, Kamis (8/10).

Transfer teknologi dapat dilakukan melalui beberapa cara. Antara lain produksi bersama alias joint production dengan menggandeng perusahaan lokal. Pola sistematis dan terstruktur lainnya bisa diambil dengan mendirikan pendidikan dan pelatihan bagi karyawan perusahaan terkait.

Khusus untuk Siemens, Saleh mengapresiasi karena perusahaan multinasional asal Jerman itu menunjukkan dukungan dalam mengembangkan industri di Indonesia, terutama di sektor energi dan permesinan.

Dalam kunjungannya, Menperin juga sekaligus meresmikan Pusat Kompetensi Sistem Tegangan Menengah milik perusahaan itu yang diharapkan turut mempercepat proses   transfer teknologi dan penguasaan ilmu pengetahuan secara umum.

Ekspansi Siemens di Indonesai dilakukan dengan membangun new assembly line untuk teknologi distribusi energi dan mendukung program ketenagalistrikan 35.000 MW dan program transmisi serta distribusi energi. “Saya berharap Siemens mengembangkan bisnisnya di Indonesia dan memperluas fasilitas produksi serta menjadikan Indonesia sebagai basis produksi di wilayah Asia,” ujarnya.

Indonesia, lanjut Saleh, memiliki target untuk menjadi negara industri baru pada tahun 2025 dengan mendorong industri agro, alat transportasi dan informasi-komunikasi sebagai industri masa depan.

Guna mewujudkannya, pelaku sektor bisnis dan akademis digandeng Kemenperin untuk mengembangkan industri barang modal yang mencakup empat bidang. Yaitu, penguasaan teknologi dari sistem konvensional, menengah hingga tingkat advance baik dalam proses perakitan maupun pembuatan komponen (Technoware).

Selain itu, memperkuat kualitas tenaga kerja untuk mengisi kekurangan tenaga kerja berkualitas dengan kapasitas teknik supervisor(Humanware), pengembangan sistem informasi untuk mendukung kegiatan manajemen, termasuk data dan catatan perkembangan teknologi serta kegiatan R&D (Infoware), dan mempersiapkan struktur organisasi dan institusi sehingga menciptakan organisasi pembelajar di dalam perusahaan (Organware)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Safari Politik Akhir Pekan, Ganjar Pranowo Hadiri Konsolidasi Kader PDI Perjuangan di Cirebon

CIREBON – Calon Presiden (Capres) yang diusung PDI Perjuangan Ganjar

Kemendes Bentuk Satgas, Perketat Penggunaan Dana Desa

MEDAN-Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) mengaku