Menteri ESDM Serahkan Aset Senilai Rp 1,2 Triliun ke Pemda

Monday 30 Nov 2015, 3 : 42 pm
by

YOGYAKARTA -Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said menyerahkan aset hibah barang milik negara senilai Rp 1,2 Triliun kepada 203 pimpinan daerah. Penyerahan aset-aset ini merupakan bagian dari program “bersih-bersih” untuk memperbaiki neraca laporan keuangan Kementerian ESDM.

“Hari ini Kementerian ESDM mengundang 203 pimpinan daerah untuk menghadiri serah terima hibah barang milik negara sektor esdm seperti, pembangunan infrastruktur pembangkit listrik di daerah-daerah terpencil, sumur bor, sarana penyaringan air untuk masyarakat dan transmisi, serta gardu-gardu dan juga termasuk sarana dan prasaran migas,” ujar Sudirman Said mengawali konferensi pers di Yogyakarta, Senin (30/11).

Infrastruktur-infrastruktur tersebut pada waktunya akan diserahkan kepada masyarakat untuk dimanfaatkan dan dikelola pemerintah daerah setempat.

”Review tahun ini dan kita chek ke lapangan baik kondisinya, kemudian kita simpulkan bahwa sudah waktunya ini diserah terimakan kepada pemda dimana aset itu berada bisa diambil alih kemudian bisa dimanfaatkan masyarakat sehingga pemeliharaannya juga bisa di maksimalkan,” ujar Sudirman.

Tahun ini Kementerian ESDM telah menyerahkan aset senilai Rp 1,2 triliun barang milik negara yang sudah dibangun dan siap dioperasikan di 398 titik lokasi. Penyerahan aset-aset kepada pemerintah daerah dibagi dalam tiga tahap.

Pertama di Bandung pada bulan September 2015 itu diserahkan aset senilai Rp 177 miliar dengan jumlah unit barang 346 item berlokasi di 82 kabupaten/kota, kemudian tahap kedua dilakukan di Bali dengan mengundang 113 pemerintah kabupaten/kota dengan nilai aset Rp428 miliar dengan total item unit 5.828 item.

“Jadi yang sekarang adalah tahap ketiga. Kita mengundang 213 kabupaten/kota dengan nilai aset yang diserahkan sebesar Rp 584 milyar kemudian jumlah item barangnya sebanyak 3821 item,” terangnya.

“Jadi keseluruhan tahun ini kita serahkan Rp 1,2 triliun barang milik negara yang sudah dibangun dan siap dioperasikan dengan lokasi di 398 titik. Total item barangnya di 9731 item. Saya kira ini suatu hasil kerja keras tim setjen dan itjen dan juga seluruh dirjen di kementerian ESDM juga koordiansi atau kerjasama dengan para pemimpin daerah,” tuturnya.

Selanjutnya Sudirman Said menekankan, ditahun-tahun mendatang Kementerian ESDM akan langsung menyerahkan aset-aset yang sudah selesai dibangun segera langsung kepada Pemerintah Daerah setelah syarat-syarat yang sudah ditetapkan dipenuhi. 

“Ini satu milestone yang penting saya kira dan dengan begitu juga neracanya atau laporan keuangannya ESDM akan betul-betul isinya berkualitas,” tutup Sudirman

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Apa Kerja BI dan OJK?

JAKARTA-Rupiah dalam krisis, mengikuti krisis penyelenggaraan perekonomian nasional. Stabilitas nilai

65 Orang Peserta Calon PPK Kota Tangsel Lolos Tes Tertulis

TANGERANG-Sebanyak 65 dari 159 orang peserta tes tertulis Panitia Pemilihan