Menteri Marwan Minta Sarjana Muda Aktif Bangun Desa

Sunday 21 Feb 2016, 9 : 16 pm
by
Penandatanganan MoU Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Marwan Jafar dengan Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Prof. Dr. Dede Rosyada, MA

JAKARTA-Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PDTT), Marwan Jafar mengajak para sarjana muda untuk pulang ke desa dan mengambil peran aktif dalam gerakan Desa Membangun Indonesia. Sebab Pemerintahan Jokowi-JK telah menjadikan desa sebagai sumbu utama pembangunan nasional. “Saya mengajak saudara-saudari sekalian untuk mengimplementasikan ilmu masing-masing di desa-desa. Kalau bisa dikerek itu ekonomi pedesaan, kan ilmunya sudah ada sudah pernah KKN, baksos dan lainnya. Saat kuliah kita sudah terbiasa mengelola masyrakat. Sekarang ayo kita praktikkan dengan membangun desa,” ujar Menteri Marwan saat menghadiri acara wisuda angkatan ke-99 Universitas Negeri Islam (UIN) Syarief Hidayatullah, Jakarta, Minggu (21/2).

Menteri Desa pertama dalam sejarah bangsa Indonesia ini juga meminta para sarjana muda jangan menjadikan kota sebagai kiblat untuk berkarya dan aktualisasi diri. Sebab Pemerintahan Jokowi-JK telah menjadikan desa sebagai sumbu utama pembangunan nasional. “Jangan terpana dengan kota saja, ini (membangun desa) tanggung jawab moral perguruan tinggi dan tentunya para alumninya juga,” tegasnya.

Marwan menjelaskan, Negara Indonesia yang sangat besar ini memiliki 74.754 Desa, 122 Daerah tertinggal, dan 144 Kawasan Transmigrasi yang menjadi tanggung jawab besar bangsa untuk dibangun. “Dengan ilmu yang telah dipelajari dan pemikiran yang masih segar, peran sarjana muda tentu sangat penting bagi pembangunan desa tersebut,” tandasnya.

Dalam kesempatan ini, Menteri Marwan juga membuat nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) dengan kampus UIN. MoU ini ditanda tangani Rektor UIN Jakarta Prof. DR. H. Dede Rosada, M.A bersama Menteri Desa PDTT Marwan Jafar. “MoU ini nantinya selain untuk melaksanakan percepatan pembangunan perdesaan juga menampung sarjana muda untuk pulang ke desa membangun perekonomian lokal,” kata Dede Rosada

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Zulkifli : Siapa Yang Capreskan Gatot Nurmantyo?

JAKARTA-Belum masuk tahun politik, suhu politik sudah mulai panas. Apalagi

Pemegang Saham Restui  Stock Split Indointernet Jadi Rp10 per Saham

JAKARTA-Pemegang saham PT Indointernet Tbk (EDGE), dalam Rapat Umum Pemegang