Menteri Marwan Sharing Metode Promosi UKM Desa ke Filipina

Sunday 21 Feb 2016, 2 : 41 am
by
Mendesa PDTT Marwan Jafar saat bertemu dengan sejumlah pejabat pemerintah Filipina

FILIPINA-Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendesa PDTT) Marwan Jafar melakukan sharing gagasan terkait penguatan ekonomi pedesaan. Saat melakukan kunjungan diplomatic ke Filipina, Menteri Marwan juga mempromosikan desa dan pengembangan daerah pedesaan.

Menurutnya, Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Desa dan daerah pedesaan perlu mendapatkan dorongan untuk meningkatkan laju desa dan ekonomi pedesaan. “UKM bisa menjadi entitas ekonomi yang openting untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja di desa dan daerah pedesaan,” ujar Menteri Marwan di Filipina, Jumat (20/2), waktu setempat.

Tantangan terhadap pengembangan UKM, menurut Menteri Marwan terletak pada pengelolaanya. Oleh karena itu, pertemuan antara Indonesia dan Filipina perlu berbagi metode sebagai upaya mempromosikan UKM Desa dan Pedesaan. “Dalam mendorong kemajuan UKM, tidak hanya membutuhkan pengembangan infrastruktur, tetapi yang lebih penting adalah pemberdayaan masyarakat pedesaan melalui penydian program pelatihan untuk meningkatkan kreatifitas dan kemampuan pengelolahan dan pengelolaan,” tandasnya.

Dia menjelaskan, produk potensial desa yang bisa dipromosikan, tidak hanya kapasitas produksi, yang lebih penting lagi adalah nilai tambah produk untuk meningkatkan pendapatan desa dan pedesaan masyarakat. “Saya berharap bahwa melalui kunjungan kehormatan ini, kita akan dapat bersinergi kemungkinan kerjasama di program pembangunan antara Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Filipina untuk mendorong desa mandiri di kedua negara dan dapat memunculkan inisiatif positif untuk perkembangan kedua Negara,” imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut, Menteri Desa ini juga menginformasikan terkait rencana penyelenggaraan Forum Internasional pembangunan Desa yang akan diselenggarakan pada bulan Juli 2016. “Pertemuan ini bertujuan untuk penyelarasan kerjasama lebih lanjut antar beberapa Negara dan saya mengundang Sekretaris Christobal Jr dan pejabat dari Departemen Perdagangan dan Industri untuk hadir dan berpartisipasi dalam acara yang akan datang,” tandasnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Benny Sabdo: Pidana Mati Tidak Manusiawi

JAKARTA-Direktur Eksekutif Respublica Political Institute (RPI), Benny Sabdo, mengeritik rencana

OJK Jalin Kerjasama Strategis Dengan DSN MUI

JAKARTA-Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menandatangani nota kesepahaman dengan Dewan Syariah