Menteri PUPR : Mudik 2017, Tol Jakarta-Semarang Siap Pakai

Monday 16 Jan 2017, 1 : 06 am
mediaindonesia.com

JAKARTA-Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono memastikan pemudik yang akan pulang kampung menggunakan tol Jakarta-Semarang pada Idul Fitri 2017 dapat menggunakan jalan tol tersebut.

Optimistisme itu disampaikan Basuki saat mendampingi Presiden Joko Widodo meninjau progres pembangunan jalan tol ruas Batang-Semarang tepatnya di Kelurahan Tegalsari, Kecamatan Kandeman Batang, Provinsi Jawa Tengah, baru-baru ini.

Jalan tol Batang-Semarang merupakan salah satu ruas Trans Jawa yang telah di groundbreaking pada Juni 2016 dan ditargetkan dapat beroperasi pada Desember 2018.

Meski baru selesai tahun depan, namun tahun ini sudah dapat difungsionalkan untuk melayani lalu lintas mudik 2017 yang jatuh pada bulan Juni mendatang.
“Jalan tol Batang-Semarang ini saya ingat sejak saya walikota ini betul-betul masalah besar yang tidak bisa cepat diselesaikan sejak tahun 2006, dan Alhamdulillah saya sudah dapat laporan dari Menteri PUPR, hari ini khusus yang di Batang (lahannya) 100 persen selesai kemudian yang di Kendal dan Semarang akhir Februari maksimal 100 persen sudah rampung,” tutur Presiden Joko Widodo.

Presiden menambahkan apabila pembebasan lahan telah rampung maka konstruksi dapat dilaksanakan dengan cepat. “Kalau lahan rampung, namanya konstruksi sudah kebut-kebutan, ini bisa kita pakai pada saat lebaran untuk mengurangi kepadatan lalu lintas pantura,” tambah Presiden.

Sementara itu Menteri Basuki mengatakan, keseluruhan progres jalan tol trans Jawa masih baik.
“Saya dari Sabtu kesini saya cek tol Pemalang-Batang. Untuk keseluruhan tol trans Jawa, Semarang-Solo kan akan diresmikan untuk ruas tol Bawen-Salatiga. Sementara tanah di Salatiga-Solo juga sudah 90 persen jadi masih sip sampai 2018. Tol Solo-Ngawi, Ngawi-Kertosono dan Mojokerto- Surabaya juga demikian,” tutur Menteri Basuki.

Menteri Basuki juga menambahkan untuk mudik 2017, selain ruas Batang-Semarang, ruas lainnya yakni Pemalang-Batang dan Pejagan- Pemalang seksi 3 dan 4 akan difungsionalkan. Sehingga apabila berkendara dari Jakarta, pemudik dapat melalui jalan tol sampai Semarang. “Mudik 2017 akan bisa tembus tidak hanya sampai ke Pemalang tapi akan bisa sampai ke Ngaliyan, Semarang. Walaupun fungsional namun sudah dilapisi beton,” tutur Menteri Basuki.

Menteri Basuki mengatakan apabila sampai Ngaliyan, Semarang tersebut dapat dilalui maka akan mempermudah pihak Kepolisian untuk melakukan rekayasa pada saat mudik nanti. “Rekayasa lalu lintas akan lebih banyak pilihan disamping brexit (Brebes Timur). Kami juga bangun 4 Fly Over yang ke arah Prupuk yaitu di (simpang sebidang) Klonengan, Dermoleng, Kretek dan Kesambi. Ini sudah mulai bekerja,” pungkas Basuki.

Don't Miss

Wartawan Ikut Bangun Pariwisata Indonesia

JAKARTA-Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) turut serta mempromosikan komitmen pemerintah Indonesia

Diaspora Loan BNI Bantu Wulandari Ekspansi Usaha Makanan Halal di Jepang

JAKARTA-Kecekatan dalam melihat peluang menjadi landasan bagi pengusaha untuk mengembangkan