Menteri Yuddy Minta Pemkot Tansel Perbaharui Absensi Elektronik

Menteri Yuddy Minta Pemkot Tansel Perbaharui Absensi Elektronik

0
BERBAGI
Men PAN RB Yuddy Chrisnandi didampingi Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany di Kec. Ciputat/dok poskota

TANGERANG-Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Yuddy Chrisnandi, menantang Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel), memperbaharui sistem absensi elektronik (finger print) secara realtime.

Menurutnya, absensi elektronik yang diaplikasikan di lingkup Kementriannya sudah lebih canggih karena dapat diakses secara real time. “Ini perlu ditiru untuk efisiensi kinerja,” katanya di Kantor Kecamatan Ciputat , Senin (13/6).

Meski sudah dilakukan secara elektronik, sistem absensi di Tangsel terang Yuddy, perlu dilakukan online secara terpusat. Karena itu, dia meminta Walikota Tangsel,  untuk datang langsung ke kantornya. “Liat absensi MenPAN RB, kita sudah realtime, kalau ibu ingin aplikasi ini datang saja ke MenPAN RB, saya berikan aplikasinya secara gratis,”ungkap.

Dia pun mengakui pengawasan dan absensi pegawai di hampir semua wilayah masih lemah,mereka belum memakai sistem online yang terintegrasi. “Dari beberapa tempat yang saya kunjungi, masi menggunakan finger print namun belum terintegrasi dan belum ada sistem tersendiri,” katanya.

Untuk itu, demi melakukan pengawasan terhadap disiplin pegawai, Yuddy akan mengapuskan absen manual. Sistim ini akan diganti dengan sistem absensi elektronik termonitor realtime seperti yang diterapkan KemenPAN RB.  “Kalau pakai realtime kita bisa mengecek jutaan PNS yang masuk kerja, kalau pakai finger print belum tentu bisa cek secara keseluruhan,”terang Yuddy.

Yuddy mengatakan, perbaikan sistem absensi ini tidak hanya dilakukan di Kota  Tangerang Selatan tetapi juga harus dilakukan di kota-kota agar  produktivitas Aparatur Sipil Negara (ASN) bisa terlihat.

Apalagi saat ini, tingkat kesejahteraan ASN sudah semakin baik sehingga tidak ada alas an bagi ANS untuk malas bekerja. “Kalau disiplin rendah ditambah pengawasan tidak maksimum maka otomatis masyarakat akan complain,” tuturnya.

Sementara itu, Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany berjanji akan melakukan perbaikan sistem absensi pegawai di Tangsel. “Kita akan berkunjung ke MenPAN untuk melihat sistem absensi yang terapkan mereka, dan akan kita terapkan di Tangsel,”janjinya. (Raja Tama)