Merangsang Industri Berproduksi dengan Insentif Pajak

Wednesday 11 Mar 2015, 11 : 30 pm
by

JAKARTA-Dirjen Industri Agro Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Panggah Susanto memastikan pemberian insentif pajak berupa tax holiday dan tax-allowance serta fasilitas Bea Keluar akan tetap dipertahankan untuk merangsang industri dalam negeri berproduksi menggunakan sumber daya alam yang tersedia. “Ini merupakan salah satu strategi dan kebijakan pengembangan industri agro tetap diarahkan pada kebijakan hilirisasi, yang merupakan salah satu strategi dasar peningkatan nilai tambah produk agro nasional,” ujar Panggah di Jakarta, Rabu (11/3).

Panggah menegaskan, Kementerian Perindustrian terus mendorong pertumbuhan dan peningkatan daya saing industri agro nasional. Pasalnya, Indonesia sebagai negara yang sedang tumbuh mempunyai prospek cukup besar untuk pengembangan industri agro di dalam negeri karena didukung dengan potensi sumber daya alam yang melimpah dan beragam. Selain itu, ketersediaan SDM industri karena jumlah penduduk yang besar dan terus bertambah, serta peningkatan daya beli masyarakat yang semakin tinggi dengan semakin bertambahnya masyarakat kelas menengah di Indonesia.

Hingga saat ini Indonesia merupakan produsen produk pertanian utama dengan komoditas unggulan seperti kelapa sawit, kakao, karet, dan rotan. Indonesia sebagai produsen sawit terbesar dunia dengan produksi minyak sawit (CPO dan CPKO) tahun 2014mencapai 31 juta ton, kakao sekitar 450 ribu ton dan karet sekitar 3,23 juta ton. Indonesia juga merupakan produsen rotan yang sangat potensial, lebih dari 85% populasi rotan dunia berasal dari Indonesia dengan produksi sebesar 143 ribu ton.

Menurut Panggah, strategi pembinaan dan pengembangan industri agro nasional akan berhasil dengan baik apabila dilakukan koordinasi dan sinkronisasi yang sinergis antar instansi terkait baik pusat maupun daerah dalam perencanaan dan pelaksanaan program pembangunan industri agro secara keseluruhan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

MPR: PPHN Jaga Keberlanjutan Pembangunan Indonesia

JAKARTA-Majelis Permusyawartan Rakyat (MPR) mendorong terbentuknya pokok-pokok haluan negara (PPHN).

Presiden Xi Jinping: Indonesia Mitra Penting RRT

TIONGKOK-Indonesia merupakan mitra penting bagi Republik Rakyat Tiongkok (RRT) di