Mgr Mandagi, MSC: Pesparawi Altar Perdamaian

Friday 26 Oct 2018, 8 : 57 pm
by

AMBON-Di tengah hangatnya suhu perpolitikan di Indonesia, Uskup Keuskupan Amboina Mgr. C. Mandagi MSC meniupkan suara sejuk. “Mari kita siarkan kesejukan, kebaikan dan perdamaian. Ketidakhadiran Presiden jangan membuat kita kehilangan sukacita. Kita harus tetap sukacita,” ujarnya dalam konferensi pers menjelang pembukaan Pesparani pada 27 Oktober di Ambon.
Uskup didampingi Ketua LK3KN Adrianus Meliala dan sekretaris panitia pelaksana Titus Fl. Renuarin.

Lebih lanjut kata Mandagi, Pesparani adalah saat yang tepat untuk menunjukkan indahnya keberagaman di negeri ini. Pesparani ini harus menjadi altar perdamaian yang menyebarkan suara perdamaian. Kita orang Ambon sudah suskses selenggarakan MTQ, Perparawi dan Pesparani ini juga harus berhasil.

Sedianya, Pesparani akan dibuka oleh Presiden Jokowi, tapi karena Presiden memiliki kegiatan lain, maka yang membuka adalah Menteri ESDM Ignatius Jonan.

Atas ketidakhadiran Presiden ini Mandagi mengajak untuk tetap berpikir positif. “Barangkali Presiden punya kegiatan yang sangat penting. Kita harus mengerti. Jangan sampai ketidakhadiran Presiden membuat kita kehilangan sukacita. Kita harus tetap bersukacita,” imbaunya.

Tentang LP3KN
Pada kesempatan ini, Ketua Umum LP3KN Adrianus Meliala menjelaskan bahwa penyelenggaraan Pesparani tingkat nasional ini tidak terlepas dari organisasi pelaksana bernama Lembaga Pembinaan, Pengembangan, PESPARANI Katolik Nasional (LP3KN).

LP3KN adalah lembaga yang direstui oleh Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) dan difasilitasi oleh pemerintah.


Di dalam struktur LP3KN terdapat unsur pastor yg menjadi pejabat KWI, pejabat dari jajaran Ditjen Bimas Katolik Kementerian Agama, dan sejumlah awam yg diangkat oleh KWI.

“Pengurus LP3KN memiliki dua amanat, yakni dari KWI dan pemerintah. Hal yang sama terjadi pula dengan LP3KD. Restu dari uskup setempat dan Pemda masing-masing. Tugasnya adalah mengembangkan seni budaya Gereja antara lain melalui Pesparani ini,” ujar Adrianus menjelaskan kedudukan lembaga ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Ketua Komisi III DPR RI Bambang Wuryanto/Foto: Dok DPR

DPR Apresiasi Komitmen Polda Jateng Jaga Netralitas Pemilu 2024

SEMARANG-Ketua Komisi III DPR RI Bambang Wuryanto mengapresiasi jajaran Polda

Buang Janin ke Selokan, Polisi Amankan Seorang Ibu Muda

TANGERANG-Dengan alasan tidak siap membina rumah tangga, pasangan muda-mudi di