Momentum Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Terjaga

Monday 6 May 2019, 11 : 10 pm
by

JAKARTA-Pertumbuhan ekonomi Indonesia tetap baik yang pada triwulan I 2019 tercatat 5,07% (yoy). Kinerja perekonomian ini mengindikasikan momentum pertumbuhan ekonomi nasional terus terjaga, meskipun melambat dibandingkan dengan pertumbuhan triwulan IV 2018 sebesar 5,18% (yoy).

“Pertumbuhan yang melambat tidak terlepas dari pengaruh pola musiman awal tahun serta dampak perbaikan pertumbuhan ekonomi global yang lebih rendah dari prakiraan,” ujar Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI), Onny Widjanarko, Senin (6/5).

Menurutnya, pertumbuhan ekonomi pada triwulan I 2019 terutama ditopang oleh permintaan domestik. Permintaan domestik tetap baik dipengaruhi konsumsi Lembaga Non Profit yang Melayani Rumah Tangga (LNPRT) dan konsumsi rumah tangga.

Dia menjelaskan, pertumbuhan konsumsi LNPRT pada triwulan I 2019 meningkat dari 10,79% (yoy) pada triwulan IV 2018 menjadi 16,93% (yoy), didorong belanja konsumsi terkait persiapan penyelenggaraan Pemilu 2019.

“Pertumbuhan konsumsi rumah tangga pada triwulan I 2019 juga tetap baik yakni 5,01% (yoy), meskipun melambat dibandingkan dengan kondisi triwulan IV 2018 sebesar 5,08% (yoy),” terangnya.

Onny mengatakan kinerja konsumsi rumah tangga yang baik didukung inflasi yang terkendali, serta pendapatan masyarakat dan tingkat keyakinan konsumen yang membaik. Selain itu, permintaan domestik juga ditopang pertumbuhan investasi bangunan yang masih tinggi.

“Adapun kinerja ekspor neto tercatat positif akibat penurunan impor, di tengah ekspor yang menurun sejalan dampak perlambatan pertumbuhan ekonomi dunia dan penurunan harga komoditas,” tuturnya.

BI jelasnya memandang kinerja perekonomian Indonesia triwulan I 2019 tetap positif, di tengah kondisi pertumbuhan ekonomi dunia yang tidak sesuai prakiraan.

“Ke depan, bauran kebijakan BI terus ditempuh untuk menjaga stabilitas makroekonomi dan turut menopang pertumbuhan ekonomi. Bauran kebijakan BI, Pemerintah, dan otoritas terkait juga akan senantiasa diperkuat guna menjaga momentum pertumbuhan ekonomi. BI memprakirakan pertumbuhan ekonomi 2019 berada pada kisaran 5,0-5,4%,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Penduduk Banten Pasok APBD Jakarta

JAKARTA-Rencana pemberlakuan Electronic Road Pricing (ERP) justru menguntungkan Pemda DKI

Cardig Aero Service Bubarkan Anak Usaha Restoran, Fokus ke Bisnis Aviasi

JAKARTA-Manajemen PT Cardig Aero Service Tbk (CASS) mengungkapkan, telah menghentikan