MP3EI Memperkokoh Ketahanan Ekonomi Nasional

48

JAKARTA-Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa menyampaikan Indonesia telah memiliki masterplan pembangunan yang sudah dicanangkan pada 2012 lalu. Pernyataan Hatta ini disampaikan dalam acara malam penganugerahan Sistem Logistik Nasional (Sislognas) Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) di Hotel Borobudur Jakarta, Selasa (18/2).

Hatta sendiri didaulat untuk menerima penghargaan Sislognas Initiator Award. “Pemerintah telah meluncurkan Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) 2011 – 2025,” tegas Hatta.

Menurut Ketua Umum partai Amanat nasional (PAN) ini, masterplan yang disusun selama ini bertujuan sebagai strategi untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang tinggi, inklusif dan berkelanjutan. Tujuan dari itu semua adalah untuk memperkokoh ketahanan ekonomi nasional. “Dalam MP3EI telah ditetapkan tiga pilar strategi, yaitupengembangan potensi melalui koridor ekonomi, memperkuat konektivitas nasional dan mempercepat kemampuan SDM dan IPTEK nasional,” ujar kakek satu cucu ini. 

Untuk mencapai target-target yang telah ditetapkan dalam MP3EI, kakek satu cucu ini mengatakan salah satu langkah kongkrit yang perlu diambil pemerintah adalah dengan membantu penyediaan logistik, barang dan jasa.

Hatta pun berharap dengan diadakannya ALI Award, dapat mendorong masterplan pembangunan Indonesia yang lebih merata bagi ketersediaan logistik, kualitas infrastruktur, energi dan pangan.