MPR Ingatkan Moralitas Penting Untuk Jaga Kebhinekaan

Thursday 8 Dec 2016, 7 : 46 pm

JAKARTA-Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) mengingatkan sudah saatnya bangsa Indonesia menggelorakan kecintaan kepada bangsa dan negara. Salah satunya dengan mementingkan moralitas atau akhlak sebagai individu dan sebagai manusia yang bermasyarakat. “Moralitas bangsa rujukannya adalah Pancasila sila pertama yakni Ketuhanan Yang Maha Esa, jika rujukannya pada UUD, maka moralitas adalah pijakan dasar bernegara. Moralitas bukan hanya bersifat individual, tapi sangat terkait dengan lingkungannya, dengan manusia lainnya, terkait dengan umat beragama lainnya dan juga bahkan terkait dengan alam,” kata akil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid saat menjadi pembicara dalam diskusi ‘Refleksi Kebangsaan’ dalam rangka Launching Lomba Penulisan Bertema Kebangsaan 2017 “Islam dan Patriotisme Kebangsaan”, di Ruang Aspirasi PKS DPR RI, Gedung Nusantara I, Kompleks Gedung MPR/DPR/DPD, Senayan, Jakarta, Kamis (8/12/2016).

Diutarakan Hidayat, Indonesia adalah keberagaman, Indonesia adalah Bhinneka Tunggal Ika. Dengan begitu hebatnya keberagaman Indonesia, maka akhlak bangsa, moralitas bangsa penting sekali untuk selalu disegarkan dengan berbagai cara dan bentuk yang baik

“Lomba ini adalah salah satu kegiatan untuk menyegarkan. Di lomba nanti, para penulis akan mengolah bagaimana cara menyegarkan kembali bahwa kita adalah bangsa Indonesia yang berakhlakul karimah sehungga tidak terjadi sebuah kondisi yang seolah-olah moral itu hanya urusan pribadi dan berada di ranah pribadi tapi moral adalah terkait dengan dirinya juga lingkungannya dimana dia berada,” katanya.

Dakam kesempatan itu, Hidayat mengingatkan akan soal manfaat dan mudharatnya sosial media. Di tengah begitu banyak informasi, ditengah begitu banyak teori di era sosial media yang begitu dahsyat ini, kadang semua pribadi disibukkan dengan informasi yang serba instan dan dangkal tapi terus menerus membanjir dalam ruang hidup sehari-hari.

Membanjirnya informasi instan secara terus menerus itu, lanjut Hidayat, hampir membuat tidak ada lagi pendalaman kehidupan untuk merefleksikan tentang akhlak. “Dalam kaitannya dengan perpolitikan Indonesia, peran parpol sangatlah penting. Perannya yang sangat penting adalah memberikan pendidikan politik, tidak hanya pendidikan politik yang biasa saja tapi harus ditingkatkan lagi pendidikan politik kepada rakyat yang mencerahkan bangsa dan beretika atau bermoral,” tuturnya.

Hal tersebut sangat diharapkan terjadi dengan tujuan menghilangkan dikotomi antara keberagamaaan dengan kebangsaan. Parpol PKS sudah memulai itu. “Dan saya melihat parpol lainnya juga sudah mulai melakukan itu,” tandasnya.

Diskusi Refleksi Kebangsaan ini sendiri berlangsung selama satu hari dengan menghadirkan beberapa pembicara yang sangat kapabel seperti Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid, pengamat politik dari LIPI Prof, Siti Zuhro, Pengamat politik Yudi Latief serta penulis dan pengamat politik Irfan Hidayatullah. Acara tersebut juga dihadiri Presiden PKS HM. Sohibul Iman dan Ketua Fraksi PKS DPR RI Jazuli Juwaini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Indonesia Terpilih Lagi Sebagai Anggota Badan Eksekutif ILO

JAKARTA-Pemerintah Indonesia kembali dipercaya untuk menjadi anggota Governing Body (Badan

Firmanzah: Tekanan Global Pengaruhi Rupiah

JAKARTA-Staf khusus Presiden bidang ekonomi dan pembangunan Firmanzah, menegaskan pelemahan