Muhaimin Sambut Baik Perayaan Mayday dengan Bakti Sosial

Wednesday 30 Apr 2014, 6 : 40 pm
by

JAKARTA-Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar menyambut baik rencana para pekerja/buruh yang merayakan Hari Solidaritas Buruh International atau yang dikenal dengan istilah mayday yang akan berlangsung besok 1 Mei dengan kegiatan-kegiatan bakti sosial. “Kita apresiasi rencana para pekerja/buruh yang akan mengisi hari libur mayday di di berbagai daerah dengan cara kegiatan-kegiatan sosial kemasyarakatan di wilayahnya masing-masing,” kata Menakertrans Muhaimin Iskandar di Jakarta, Rabu (30/4).

Muhaimin mengatakan dari awal pihaknya telah sampaikan surat edaran agar perayaan mayday dapat dimanfaatkan melalui kegiatan sosial kemasyarakatan seperti panggung rakyat, donor darah, sunatan massal, pembagian sembako, dll. “Peringatan Mayday itu rutin dilakukan setiap tahun, namun paradigma harus terus digeser agar mengeser pola perjuangannya dari gerakan turun ke jalan menjadi gerakan dialog sosial dan kegiatan-kegiatan yang bersifat sosial kemasyarakatan,” katanya.

Muhaimin mengatakan berdasarkan hasil pemantauan dan pengumpulan data sementara per Rabu ( 30/4) dari Posko Pemantauan Mayday 2014 yang dibentuk Kemnakertrans ternyata banyak kegiatan-kegiatan sosial kemasyarakatan yang akan dilakukan oleh pekerja/buruh di seluruh Indonesia dalam merayakan mayday. “Dari berbagai daerah di Indonesia masuk laporan bahwa para pekerja/buruh akan melakukan perayaan mayday dengan beragam aksi sosial kemasyarakatan baik di sekitar lingkungan perusahaan, kantor dinas tenaga kerja maupun kantor pemerintah daerah,” jelasnya.

Di wilayah Jabodetabek, dalam merayakan mayday yang telah dinyatakan sebagai hari libur nasional direncanakan para buruh akan menyelenggarakan panggung hiburan rakyat di Ancol dan Senayan, bakti sosial dan donor darah di Cipinang Jakarta Timur, penghijauan 100 pohon mangga di BKT, Duren Sawit, Jakarta Timur, Sarapan pagi bersama pekerja di Carrefour, MT Haryono, Jakarta Selatan, donor darah dan sunatan masal di Kota bekasi, penanaman pohon magrove di Muara Gembong Bekasi. Di daerah Karawang dan Purwakarta Jawa Barat, para pekerja/buruh direncakanan menggelar jalan pagi sehat. Sedangkan di sekitar kantor gubernur Provinsi Banten akan digelar bakti sosial berupa donor darah dan khitanan massal. Di Semarang, Jawa Tengah dan Surabaya Jawa Timur, perayaan mayday akan disemarakkan dengan istiqosah bersama, dan pasar rakyat, pembagian sembako bagi pekerja dan pemberian penghargaan mayday.

Sedangkan di Makasar, Sulawesi Selatan, dilaporkan para pekerja akan menggelar jalan santai besar-besaran yang melibatkan para pekerja dan keluarganya. Aksi jalan santai serupa pun akan dilakukan di Samarinda, Kalimantan Timur. Sedangkan di pusat kota Banjirmasin Kalimantan Selatan perayaan mayday akan diisi dengan jalan santai dan pembagian doorprize, donor darah dan dialog terbuka antara pekerja dan pengusaha “Kita manfaatkan perayaan mayday untuk menjalin komunikasi yang baik antara pekerja, pengusaha dan pemerintah agar tercipta hubungan industrial yang harmonis sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan pekerja dan keluarganya serta meningkatkan produktivitas kerja,” jelasnya.

Berdasarkan data Kemenakertrans saat ini di Indonesia tercatat ada 6 Konfederasi SP/SB, 92 Federasi SP/SB, 11. 852 (SP/SB) tingkat perusahaan, 170 SP/SB BUMN dan jumlah anggota SP/SB seluruhnya mencapai 3.414.455 orang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

IHSG, bursa saham, sekuritas

Laju IHSG Berpotensi Melemah, Koleksi Saham Rekomendasi Analis

JAKARTA-Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini
Sinyal Fed tapering atau pengurangan stimulus dari bank sentral Amerika Serikat sepertinya terlihat semakin jelas akan berlangsung di kuartal keempat ini. Kenaikan Fed Rate diproyeksikan akan maju lebih cepat dan terjadi di tahun 2022, menjadi 0,50%.

Persiapkan Pensiun Sejahtera

Oleh: Freddy Tedja Riset Manulife Investment Management mengungkap rata-rata 69%