Nasdem Ragukan Prabowo Maju di Pilpres 2019

Saturday 14 Apr 2018, 1 : 23 pm
by

JAKARTA-Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Nasdem Jhonny G Plate meragukan mandat yang diberikan Partai Gerindra kepada Prabowo Subianto untuk menjadi calon presiden 2019-2024 akan digunakan karena tidak menutup kemungkinan mandat tersebut digunakan untuk menunjuk kandidat lain.

“Apakah betul Prabowo akan menjadi capres di Pemilu Presiden 2019? Atau jangan-jangan mandat yang diterima itu digunakan untuk menunjuk calon lain agar maju dalam kontestasi,” kata Jhonny di Jakarta, Jumat (13/4).

Hal itu sangat beralasan karena saat ini baru Partai Gerindra yang fix mengusung Prabowo sedangkan aturan parpol yang bisa mengusung pasangan capres-cawapres telah diatur dalam Pasal 222 UU nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (Pemilu).

Dia menjelaskan dalam Pasal tersebut dijelaskan bahwa pasangan calon diusulkan oleh parpol atau gabungan parpol peserta pemilu yang memenuhi persyaratan perolehan kursi paling sedikit 20 persen dari jumlah kursi DPR atau memperoleh 25 persen dari suara sah secara nasional pada Pemilu Legislatif sebelumnya.

“Gerindra saat ini hanya memiliki 73 kursi di DPR RI lalu dibutuhkan 112 kursi untuk bisa mengusung capres sehingga masih kurang 39 kursi karena itu perlu membentuk koalisi,” ujarnya.

Dia mengatakan mungkin banyak unsur yang perlu dipertimbangan Prabowo untuk maju dalam Pilpres.. Pertama syarat ambang batas pencalonan presiden, Kedua elektabilitas bisa diangkat atau tidak, dan Ketiga dukungan logistik di Pilpres 2019.

Nasdem terangnya telah membuat peta konfigurasi persaingan di Pilpres 2019. Salah satunya memasangkan Prabowo dengan berbagai nama kandidat cawapres, dengan mempertimbangkan berbagai kemungkinan dan dinamika politik yang terjadi.

“Kami petakan semua berbagai kemungkinan sampai ada calon yang definitif maju. Kami yakini setiap persaingan itu ada optimisme, kami optimis dengan kekuatan koalisi yang telah dibangun dan relawan,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Cadangan Energi Fosil Menipis, EBT Jadi Solusi

JAKARTA-Perusahaan energi harus segera mencari solusi tepat untuk menggantikan peran

Pinjam Rp2 Triliun Dari Bank, INDF Siap Bayar Obligasi Yang Akan Jatuh Tempo

JAKARTA-PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF) memutuskan untuk melakukan pinjaman