Negara Anggota WTO Capai Kesepakatan Setelah 12 Tahun

Saturday 7 Dec 2013, 7 : 00 pm
by
Gita Wirjawan
GITA WIRJAWAN

BALI-Para negara anggota World Trade Organization (WTO) akhirnya mencapai kesepakatan di Bali dengan mengeluarkan Paket Bali di Konferensi Tingkat Menteri (KTM-WTO) ke-9, di Nusa Dua, Bali.

Aura Bali ternyata mampu menghidupkan semangat bergulirnya perundingan Putaran Doha dengan menghasilkan kesepakatan di beberapa isu perundingan yang menandakan bahwa semua negara anggota WTO masih menaruh harapan besar kepada sistem perdagangan multilateral.

Setelah melalui proses dan konsultasi yang cukup intens selama empat hari, para delegasi berhasil menyatukan suara untuk menghasilkan kesepakatan pertama dalam sejarah WTO.

Ini juga merupakan pertama kalinya dalam Putaran Doha tercapai sebuah kesepakatan.

“Ini merupakan peristiwa bersejarah dan tentunya akan membangkitkan kembali kepercayaan dunia terhadap sistem perdagangan multilateral,” ujar Menteri Perdagangan RI Gita Wirjawan, yang juga berperan sebagai chair dalam pertemuan KTM-WTO ke-9 ini.

Paket Bali ini merupakan upaya untuk menyukseskan Agenda Pembangunan Doha yang telah dimulai pada tahun 2001, dan hingga kini belum selesai.

Dengan kesepakatan Paket Bali ini, para negara anggota WTO akan lebih yakin untuk dapat menyelesaikan Putaran Doha ke depannya.

“Selamat kepada Anda semua yang telah menjaga Agenda Pembangunan Doha tetap hidup, dan memberi kami semua energi dan keyakinan baru untuk menyelesaikan Putaran Doha,” ujar Mendag Gita Wirjawan di hadapan para delegasi pada saat sesi penutupan KTM-WTO ke-9.

Walaupun kesepakatan tercapai, tugas para negara anggota ke depannya masih panjang untuk bisa menyelesaikan ketentuan-ketentuan yang tercantum di Putaran Doha.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

SAHAM

IHSG Diprediksi Teruskan Proses Naik, Mainkan BSDE, ERAA, ESSA dan ERAL

JAKARTA-Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan di awal

Potensi Hujan Tinggi, Kemenhub Imbau Utamakan Keselamatan

JAKARTA-Badan Metereologi dan Geofisika (BMKG) telah memprediksi puncak musim hujan