Nilai Tukar Tupiah Bergerak Stabil

Wednesday 3 Jul 2013, 2 : 50 pm
by

JAKARTA- Kondisi moneter dan perbankan tetap terjaga ditengah berlanjutnya ketidakpastian keuangan global. Nilai tukar rupiah bergerak stabil dan supply-demand di pasar valas semakin berkembang dengan ketersediaan likuiditas yang cukup. Bank Indonesia (BI) akan memperkuat bauran kebijakan sebagai langkah pre-emptive terhadap kenaikan inflasi akibat dampak kenaikan harga BBM dalam RDG bulanan yang akan datang,” demikian ditegaskan Gubernur Bank Indonesia, Agus D.W. Martowardojo, seusai Rapat Dewan Gubernur (RDG) Mingguan di Jakarta, Selasa (2/7).

Menurut Agus, kondisi pasar keuangan juga semakin kondusif. Pelepasan Surat Berharga Negara (SBN) dan saham oleh investor asing semakin kecil dan bahkan telah terjadi net beli asing dalam beberapa hari terakhir. Pada lelang SBN Selasa (2/7) juga terjadi oversubscribe dengan jumlah penawaran yang masuk Rp 14,1 triliun atau dua kali dari target Rp 7 triliun dan dimenangkan sebesar Rp 9,75 triliun dengan yield yang menggambarkan kondisi pasar. Gubernur Bank Indonesia menambahkan, “Perkembangan ini semakin meyakinkan waktu yang tepat bagi investor untuk melakukan investasi pada aset keuangan di Indonesia,” jelas dia.

Bank sentral kata dia terus mewaspadai dan siap menempuh bauran kebijakan secara terukur untuk merespon peningkatan ekspektasi inflasi dan dampak lanjutan dari kenaikan harga BBM. Inflasi Juni 2013, tercatat 1,03% (mtm) atau 5,90% (yoy) sesuai perkiraan  BI dari hasil Survei Pemantauan Harga (SPH) sampai dengan minggu IV – Juni 2013.

Dia menjelaskan, kenaikan inflasi terutama berasal dari sebagian dampak kenaikan BBM dan tarif angkutan. Inflasi diprakirakan akan mencapai puncaknya pada bulan Juli 2013 yaitu sekitar 2,30% (mtm) sebagai dampak kenaikan harga BBM dan pola musiman bulan Ramadhan. Inflasi diprakirakan menurun pada Agustus 2013 yaitu sekitar 0,90 % (mtm) dengan menurunnya dampak lanjutan kenaikan harga BBM. “Kami meyakini bahwa inflasi akan kembali normal pada bulan September 2013 dan diprakirakan akan dapat terkendali di bawah 0,10% (mtm),” pungkas dia.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Usut Tewasnya Brigadir J, Said Abdullah Dukung Pendekatan Scientific Crime Investigation

JAKARTA-Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR MH Said Abdullah angkat bicara
Wisata Ramah Muslim

IB Sidharta Putra: Wacana Wisata Ramah Muslim di Bali Kurang Simpatik

DENPASAR-Praktisi pariwisata yang juga Ketua Yayasan Pembangunan Sanur, IB Sidharta