OJK Kerjasama Peningkatan Literasi Keuangan dengan BKKBN

32

JAKARTA-Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menandatangani kesepakatan kerjasama dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) di bidang peningkatan literasi sektor jasa keuangan untuk mewujudkan keluarga kecil, bahagia dan sejahtera.

Penandatanganan dokumen kerjasama dilakukan Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D Hadad dan Kepala BKKBN Fasli Jalal pada acara Pembukaan Rakernas BKKBN 2014 di Jakarta Convention Center.

Kesepakatan bersama ini dimaksudkan sebagai pedoman bagi kedua belah pihak dalam rangka meningkatkan literasi keuangan, pemberdayaan ekonomi keluarga dan perlindungan konsumen sesuai dengan tugas dan fungsi serta wewenang OJK dan BKKBN.

Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D Hadad mengatakan kerjasama ini bertujuan untuk mendukung kemajuan keluarga-keluarga di Indonesia agar tidak hanya sehat tetapi sejahtera secara ekonomi dengan peningkatan pengetahuan dan akses ke lembaga keuangan. “Kita akan buat agenda kegiatan dengan BKKBN ke daerah-daerah untuk mensosialisasikan berbagai aspek keuangan untuk pemberdayaan ekonomi keuarga. Kita akan ajak lembaga-lembaga keuangan yang sudah fokus pada pengembangan ekonomi mikro untuk mengisi program ini,” katanya di Jakarta, Rabu (12/2).              

Literasi Keuangan adalah kemampuan untuk mengetahui, memahami, mengaplikasikan, menganalisis, dan menyintesakan segala sesuatu yang terkait dengan karakteristik, produk dan layanan lembaga jasa keuangan.

Di bidang literasi keuangan, OJK telah menjalin kerjasama dengan berbagai pihak lain seperti Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, PP Muhammdiyah serta sembilan universitas yaitu Universitas Indonesia, IPB Bogor, UGM Yogyakarta, Universitas Trisaksi, Universitas Diponegoro Semarang, Universitas Wahid Hasyim Semarang, Universitas Muhammadiyah Malang, UNS Solo, dan Sekolah Tinggi Manajemen IMMI Jakarta.