Oposisi Tak Paham Visi Jokowi Majukan Pertamina

Wednesday 12 Sep 2018, 11 : 19 am
by
Ketua Fraksi Partai Hanura DPR, Inas N Zubir

JAKARTA – Tim Kampanye Nasional Jokowi, Inas Nasrullah Zubir menyebutkan pada saat ini Presiden Joko Widodo (Jokowi) berupaya menjadikan PT Pertamina sebagai tuan rumah minyak di negeri sendiri.

Inas menyebutkan Jokowi dalam janji kampanyenya 2014 lalu menyatakan akan membesarkan BUMN energi yaitu PT Pertamina (Persero) agar bisa bersaing secara global.

Saat itu Pertamina belum bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri karena di Indonesia, Pertamina hanya menguasai 21 persen produksi minyak dalam negeri sementara sisanya dikuasai asing.

Sedangkan di Malaysia, Petronas menguasai 60 persen produksi minyak di negaranya, sisanya perusahaan asing.

Menanggapi hal tersebut, pihak Tim Kampanye Nasional Jokowi, Inas Nasrullah Zubir menganggap oposisi tidak paham karena kurang tepat dalam membaca visi Jokowi untuk memajukan Pertamina agar menjadi tuan di negeri sendiri.

“Jokowi tidak pernah menjanjikan akan menjadikan Pertamina mengalahkan Petronas, melainkan akan berupaya agar Pertamina seperti Petronas menguasai 60 persen ladang minyak di Malaysia dan menjadi tuan di negri-nya sendiri,” ujar Inas dalam keterangan tertulisnya seperti dikutip dari Kantor Berita Antara, Rabu (12/9).

Pada saat Jokowi dilantik, kata Inas, Pertamina hanya menguasai 24 persen ladang minyak di Indonesia.

Dan pada tahun 2018 ini, Pertamina sudah menguasai 35 persen ladang minyak di Indonesia.

Demikian juga, pada tahun 2021, Kontrak Chevron di Rokan, ladang minyak terbesar di Indonesia, yakni 27 persen dari total ladang nasional akan berakhir dan diambil alih oleh Pertamina.

“Dengan demikian ladang minyak yang akan dikuasai oleh Pertamina pada tahun 2021 menjadi 62 persen, tentunya akan menjadi tuan di negerinya sendiri,” ujar Inas yang juga sebagai Ketua Fraksi Hanura DPR RI.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

CBA Desak KPK Periksa Dirjen PKP Kemendesa PDTT

JAKARTA-Center For Budget Analysis (CBA) meminta aparat hukum, baik Komisi

BPJS Kesehatan Depok Beri Dana Tali Kasih Kepada Panti Asuhan Asuwain Timur

DEPOK-Badan Penyelenggaran Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS) Kota Depok terus melakukan