Optimisme Konsumen Meningkat Pada Mei 2016

Optimisme Konsumen Meningkat Pada Mei 2016

0
BERBAGI
photo dok antara

JAKARTA-Survei Konsumen Bank Indonesia (BI) mengindikasikan bahwa optimisme konsumen pada Mei 2016 meningkat dari bulan sebelumnya. Hal tersebut tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Mei 2016 yang tercatat sebesar 112,1, meningkat 3,1 poin dari bulan sebelumnya. Peningkatan IKK tersebut didorong oleh peningkatan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) dan Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) yang tercatat naik masing-masing sebesar 4,5 dan 1,8 poin. Demikian dikutip dari situs resmi BI di Jakarta, Rabu (8/6).

Hasil survei juga menunjukkan bahwa konsumen memperkirakan tekanan kenaikan harga melambat pada Agustus 2016. Hal ini terindikasi dari Indeks Ekspektasi Harga (IEH) 3 bulan mendatang yang tercatat turun 2,7 poin menjadi 171,3. Melambatnya tekanan kenaikan harga diperkirakan terjadi terutama pada kelompok makanan jadi, minuman, rokok, dan tembakau seiring dengan perkiraan kembali normalnya permintaan pasca Hari Raya Idul Fitri.

Untuk kondisi 6 bulan mendatang (November 2016), konsumen memperkirakan kenaikan jumlah tabungan yang lebih tinggi dibandingkan bulan sebelumnya. Sementara itu, posisi pinjaman 6 bulan mendatang juga diperkirakan meningkat dibandingkan bulan sebelumnya.