Optimisme Konsumen Meningkat Pada Mei 2016

Wednesday 8 Jun 2016, 4 : 34 pm
by
photo dok antara

JAKARTA-Survei Konsumen Bank Indonesia (BI) mengindikasikan bahwa optimisme konsumen pada Mei 2016 meningkat dari bulan sebelumnya. Hal tersebut tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Mei 2016 yang tercatat sebesar 112,1, meningkat 3,1 poin dari bulan sebelumnya. Peningkatan IKK tersebut didorong oleh peningkatan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) dan Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) yang tercatat naik masing-masing sebesar 4,5 dan 1,8 poin. Demikian dikutip dari situs resmi BI di Jakarta, Rabu (8/6).

Hasil survei juga menunjukkan bahwa konsumen memperkirakan tekanan kenaikan harga melambat pada Agustus 2016. Hal ini terindikasi dari Indeks Ekspektasi Harga (IEH) 3 bulan mendatang yang tercatat turun 2,7 poin menjadi 171,3. Melambatnya tekanan kenaikan harga diperkirakan terjadi terutama pada kelompok makanan jadi, minuman, rokok, dan tembakau seiring dengan perkiraan kembali normalnya permintaan pasca Hari Raya Idul Fitri.

Untuk kondisi 6 bulan mendatang (November 2016), konsumen memperkirakan kenaikan jumlah tabungan yang lebih tinggi dibandingkan bulan sebelumnya. Sementara itu, posisi pinjaman 6 bulan mendatang juga diperkirakan meningkat dibandingkan bulan sebelumnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Industri Perkapalan Nasional Tumbuh Signifikan

MAKASAR-Perkembangan industri perkapalan di Indonesia dalam satu dekade terakhir ini,
Pusat Inovasi Huawei ini terbuka bagi periset, akademisi, maupun publik yang ingin belajar lebih banyak tentang solusi teknologi yang sedang diadopsi Huawei sebagai solusi berbagai persoalan yang dihadapi berbagai sektor dan industri.

Kembangkan Riset dan Inovasi, Huawei dan BRIN Bahas Rencana Kerjasama

JAKARTA-Pusat Inovasi Huawei adalah sarana alih pengetahuan edukatif yang disiapkan