Otoritas Khusus Bakal Kelola Proyek KA Cepat Jakarta-Surabaya

Monday 29 Jan 2018, 3 : 58 pm
kai.id

JAKARTA–Pemerintah akan membentuk otoritas khusus untuk menerima dan mengelola pinjaman dana untuk proyek kereta api Jakarta-Surabaya karena ada potensi masuknya dana swasta dari Jepang. “Pak Luhut mengarahkan ada potensi dana swasta dari beberapa negara di antaranya Jepang yang bisa digunakan tanpa melibatkan pinjaman APBN,” kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Jakarta, Senin, (29/1/2018).

Budi mengatakan konsep pembentukan otoritas khusus itu masih pada tahap sangat awal. Ia memastikan otoritas itu tidak berbentuk badan usaha meski belum apakah otoritas tersebut nantinya berada di bawah Kementerian Perhubungan. “Ini bukan badan usaha, ini otoritas, semacam korporasi, tapi saya belum riset,” ujarnya.

Budi mengatakan ide pembentukan otoritas khusus itu berasal dari Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Pandjaitan, yang menyatakan konsep pinjaman swasta dari luar negeri bisa digunakan agar proyek infrastruktur bisa berjalan baik namun anggaran negara tidak terbebani. “Itu nanti akan dibangun semacam otoritas, otoritas itulah yang akan menerima pinjaman dan berperan dalam pekerjaan-pekerjaan itu,” tuturnya.

Lebih jauh Budi menambahkan bahwa konsep semacam itu telah digunakan di negara lain, termasuk di Amerika Serikat untuk pembangunan World Trade Center (WTC). “WTC itu pakai otoritas juga, bukan pemerintah maupun swasta,” demikian Menteri Perhubungan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Besok, PN Jember Gelar Sidang Perdana Gugatan Pendiri Unmuh Versus Unmuh dan PP Muhammadiyah

JEMBER-Pengadilan Negeri Jember akan menggelar sidang perdana gugatan pendiri Universitas

KKP Manokwari Cegah 2 WP Penunggak Pajak Rp 750 Juta

MANOKWARI-Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Manokwari melakukan pencegahan ke luar