Pakai Baju ‘Palu Arit’, Susanto Diamankan TNI

109
Seorang pemuda bernama Susanto digelendeng ke kantor Polisi lantaran memakai baju berlambang 'Palu Arit'/photo Raja Tama

TANGERANG-Petugas Komando Rayon Militer Ciputat mengamankan seorang pemuda bernama Susanto di jalan Aria Putra, Kecamatan Ciputat, Tangerang Selatan Jumat (27/5). Lelaki berusia 22 tahun diamankan lantaran menggunakan baju berlambang palu arit.

Pengamanan pria asal Pemalang, Jawa Tengah, itu berlangsung tadi pagi sekira pukul 10.00WIB, saat dua anggota Koramil Ciputat, sedang mengikuti rombongan Walikota Tangsel, memantau kondisi pasar Ciputat.

Danramil Ciputat, Inf TNI, Supardi, menjelaskan, pengamanan pria yang berprofesi sebagai kuli bangunan itu, dilakukan dua anggotanya Serka Irwan dan Pelda Bambang yang melihat pengguna sepeda motor dengan baju berlambang palu arit.   “Langsung kami amankan, dan diserahkan kepada Polsek Ciputat,” tutur Supardi, Jumat (27/5).

Kapolsek Ciputat, Kompol Damanik, mengaku pihaknya baru kali ini mendapati warga yang berani menggunakan atribut PKI.  “Engga, ini baru pertama kali Kami mendapati warga yang menggunakan baju berlambang PKI,” terangnya.

Berdasarkan keterangan yang didapat dari Susanto, mengaku memperoleh baju tersebut dari bosnya.  “Saya dapat dari bos, karena mau dibuang waktu itu, saya pinta karena saya lihat masih bagus jadi saya ambil,” tandasnya.

Pria yang mengaku tengah mengerjakan proyek renovasi rumah di wilayah Ciputat itu bilang, tidak tahu menahu soal PKI dan atribut berlambang palu arit itu.

Sementara saksi yang melihat proses pengamanan itu, Fitry, mengaku pemakai atribut PKI itu melintas dari jalan Aria Putra menuju Jalan Kihajar Dewantara, “saat persis didepan pasar anggota TNI langsung meminta pengendara berhenti, tidak lama ditanya-tanayai Dia langsung dibawa ke markas Koramil,” ujar Fitri.

Atas temuan tersebut, Kapolsek Ciputat, berjanji akan menelusuri asal-muasal kaos itu. “Dia sepertinya memang Polos, tapi Kita akan terus dalami, karena Dia bilang mendapatkan itu dari bosnya,” ucapnya. (Raja Tama)