Pasar Modal Harus Didorong Merakyat

41

JAKARTA-Meski pasar modal Indonesia diyakini tumbuh pesat. Namun sayangnya pasar modal dirasakan belum menjadi dambaan rakyat. “Pasar modal kita harus merakyat,” kata Ketua Otoritas Jasa Keuangan (OJK),  Muliaman D. Haddad di Jakarta, Rabu (15/5).

Muliaman pun tetap optimis, meski tahun politik menjadi tantangan tersendiri. “Saya melihat kita bisa lalui di tahun politik ini seperti yang saya sampaikan optimisme masih besar terhadap pasar modal,” tegasnya.

Bahkan mantan Deputy Gubernur BI ini, selama ini pasar modal Indonesia terkesan eksklusif sehingga tidak bisa menyasar ke investor kecil. “Pasar modal Indonesia kesannya sok eksklusif padahal di negara lain merakyat dan kita harus bisa merakyat sehingga investor kayak kita yang mikro bisa masuk,” tambahnya.

Menurut Muliaman, OJK siap melakukan usaha-usaha perbaikan pasar modal Indonesia, seperti memperbanyak jumlah investor, memperluas perusahaan untuk bisa IPO dan harus bisa merakyat serta memperbanyak edukasi pasar modal. “Tapi kita juga harus tetap waspada di tahun-tahun politik. Kita harus confident baik di pasar modal atau perekonomian,” imbuhnya. **can